Sukses

Wapres Ma'ruf Amin Minta Pengembangan Ekonomi Syariah Gunakan Konsep Pembangunan Berkelanjutan

Wapres Ma'ruf Amin menyebut ekonomi syariah sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan dapat memberikan kontribusi bagi dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menjelaskan, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah harus menggunakan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainable development. Hal ini menjadi jalan untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan masyarakat melalui berbagai bentuk aktivitas ekonomi dan sosial berdasarkan tuntunan agama Islam.

"Prinsip-prinsip keberlanjutan menjadi dasar dalam ekonomi dan keuangan syariah," kata dia dalam acara International Conference On Islamic Studies (ICIS), Senin (4/10/2021).

Dengan melaksanakan konsep tersebut, diharapkan tercapai kesejahteraan, keadilan dan pembangunan yang merata, berkurangnya ketimpangan sosial dan ekonomi, serta terjaganya daya dukung dan kelestarian lingkungan alam kita.

Ma'ruf menyebut prinsip ekonomi dan keuangan syariah yang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan dapat memberikan kontribusi bagi dunia dalam rangka mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dialami oleh negara-negara di dunia saat ini. Seperti masalah perdamaian, harmoni sosial, ketimpangan pertumbuhan ekonomi dan merosotnya kualitas lingkungan hidup.

"Dalam hal ini umat islam sebagai bagian dari ekosistem pembangunan ekonomi global dapat berperan dan berkontribusi dengan cara turut memperkuat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta mengamalkan secara konsisten tuntunan agama dalam bermuamalah," jelas dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harapan

Di samping itu, dirinya berharap kegiatan International Conference On Islamic Studies (ICIS), dengan tema 'Islam And Sustainable Development' akan menghasilkan dan memberikan sumbangan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat dan bangsa Indonesia dalam membangun ekonomi yang berkelanjutan seiring dengan percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah yang sedang didorong oleh Pemerintah saat ini.

"Saya harapkan pula berbagai hasil kajian dan diskusi dalam forum ini juga dapat memberikan masukan-masukan bagi penguatan ekonomi dan keuangan syariah dalam kerangka perencanaan pembangunan berkelanjutan baik nasional maupun global," pungkas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.