Sukses

Sudah Diumumkan, 2 Cara Cek Kelolosan Kartu Prakerja Gelombang 21

Untuk mengecek kelolosan kartu prakerja gelombang 21 bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat dashboard dan cek notifiasi SMS.

Liputan6.com, Jakarta Penerima Kartu Prakerja gelombang 21 sudah diumumkan pada malam ini. Para peserta kartu prakerja yang mendaftar melalui prakerja.go.id bisa segera memeriksanya.

Ini diungkapkan Head of Communication Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu. "Pengumuman hasil seleksi kartu prakerja gelombang 21 akan dilakukan malam ini pukul 20.00 WIB," kata dia, Rabu (22/9/2021).

Pendaftar yang berhasil lolos seleksi berhak menerima bantuan sebesar Rp 3.550.00 dari program ini. Dari jumlah tersebut, bantuan sebesar Rp1.000.000 hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan. Dengan kata lain, intensif bantuan pelatihan ini tidak bisa dicairkan atau diuangkan.

Selain itu, masing-masing penerima juga mendapat bantuan sebesar Rp600.000 yang akan diberikan selama empat kali.

Bantuan tersebut diberikan setelah penerima Kartu Prakerja menyelesaikan pelatihannya. Jadi, total intensif pasca-pelatihan yang akan didapat adalah Rp 2.400.000.

Terakhir, ada pula dana insentif pengisian tiga survei sebesar Rp 150.000 yang akan dibayarkan Rp 50.000 per survei.

Namun, semua insentif itu bisa hangus sia-sia jika penerima Prakerja tidak segera membeli pelatihan. Bahkan akun bisa terancam dinonaktifkan. Untuk itu, lebih baik segeralah cek kelolosan gelombang Prakerja.

Peserta kartu prakerja gelombang 21 yang ingin mengetahui kelolosannya bisa melakukan melalui 2 cara.

“Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi Gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email,” begitu penjelasan seperti dikutip dari laman Kartu Prakerja.

 

Untuk mengeceknya, bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu lewat dashboard dan cek notifiasi SMS.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Lewat Dashboard Akun

Salah satu cara untuk mengecek kelolosan gelombang Prakerja bisa langsung melihat dari dashboard akun masing-masing.

Cara-caranya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke laman prakerja.go.id dan login terlebih dahulu.

2. Jika di dashboard akun tercantum keterangan “Pendaftaran sedang dalam evaluasi”, itu artinya proses seleksi sedang berjalan.

3. Bila dinyatakan lolos, penerima akan mendapat notifikasi status saldo di dashboard akun.

Kemudian peserta diminta menonton 3 video pengenalan Program Kartu Prakerja.

4. Setelah itu, penerima dapat melihat Nomor Kartu Prakerja dan saldo pelatihan di dashboard.

5. Jika tidak lolos seleksi, keterangan “Kamu Belum Berhasil” akan tercantum di dashboard. Alasan penolakan pun tercantum di dalamnya.

 

3 dari 3 halaman

Cek Notifikasi SMS

Selain lewat dashboard akun masing-masing, kelolosan kepesertaan Prakerja juga diumumkan melalui pesan singkat atau SMS.

Manajemen Prakerja akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada para penerima yang lolos gelombang.

Berkaitan dengan hal tersebut, nomor telepon yang akan mendapat notifikasi tentu yang didaftarkan pada akun masing-masing peserta. Sebab itu, nomor telepon harus benar dan aktif supaya notifikasi bisa masuk.

SMS ini akan diterima pada tanggal kelolosan saat sudah resmi diumumkan. Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk yang sudah tertera.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.