Sukses

Penerima Kartu Prakerja 2021 Bisa Dapat Voucher Belanja di 2 Platform, Begini Cara Dapatnya

Menariknya dari itu semua, penerima Kartu Prakerja ternyata bisa menukar kode voucher untuk bisa belanja lewat Tokopedia atau Bukalapak.

Liputan6.com, Jakarta Penerima Kartu Prakerja akan mendapat insentif hingga Rp 3,55 juta per orang. Selain mendapat insentif, penerima Prakerja juga bisa menukar voucher pada beberapa platform belanja.

Setelah berhasil lolos, penerima Kartu Prakerja akan mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta. Selain itu, penerima juga akan mendapat insentif pasca-pelatihan sebesar Rp 600 ribu yang diberikan selama empat bulan. Terakhir, penerima mendapat dana insentif pengisian tiga survei sebesar Rp 50 per survei.

Menariknya dari itu semua, penerima Kartu Prakerja pun bisa menukar kode voucher untuk bisa belanja lewat Tokopedia atau Bukalapak.

Namun, kode voucher ini baru bisa ditukar jika penerima sudah membeli pelatihan Kartu Prakerja dari kedua platform tersebut.

Dikutip dari akun Instagram resmi prakerja.go.id, Rabu (15/9/2021), simaklah langkah-langkah untuk bisa menukar kode voucher setelah membeli pelatihan Kartu Prakerja dari Tokopedia dan Bukalapak.

1. Pastikan Anda sudah berhasil membeli pelatihan di Tokopedia atau Bukalapak.

2. Lihat kode voucher pada Riwayat atau Halaman Transaksi Aplikasi, atau pada e-mail yang terdaftar di Tokopedia atau Bukalapak.

3. Kunjungi website Lembaga Pelatihan dan masuk untuk menukar kode voucher.

4. Pastikan Anda sudah mendaftar dan memiliki akun di website Lembaga Pelatihan pilihanmu.

5. Masuk ke halaman penukaran voucher, dan salin kode voucher-mu.

6. Pastikan kode voucher yang kamu masukkan di kolom penukaran sudah sesuai.

7. Setelah voucher berhasil ditukar, kamu bisa langsung belajar dan mengikuti pelatihan.

8. Untuk mengetahui website Lembaga Pelatihan, Anda bisa mengunjungi tautan berikut ini www.prakerja.go.id/lembaga-pelatihan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terkendala Dapat Sertifikat Kartu Prakerja 2021 Usai Pelatihan? Lakukan Cara Ini

Usai mengikuti pelatihan Program Kartu Prakerja 2021, peserta akan mendapatkan sertifikat. Ini sebagai bukti bahwa peserta sudah secara sah dan tervalidasi selesai melakukan pelatihan dan program yang tersedia.

Akan tetapi, ada beberapa kendala yang mungkin dialami dan dihadapi beberapa peserta usai pelatihan Kartu Prakerja.

Seperti sertifikat yang belum muncul, nama yang tercantum tidak sesuai dengan nama asli, hingga tautan yang terdapat di dashboard tidak dapat dibuka.

Padahal, kepemilikan sertifikat dapat menjadi salah satu syarat bagi peserta untuk bisa mendapatkan insentif langsung dari Prakerja.

Berdasarkan unggahan Prakerja pada akun resmi Instagram-nya di @prakerja.go.id, Selasa (14/9/2021). ada banyak kendala yang turut dialami peserta melalui kolom komentar.

“Saya sudah menghubungi platform yang tersedia, tetapi tidak ada respons/jawaban menanyakan kapan sertifikat di dashboard keluar, padahal tugas saya sudah 100 persen sejak tiga hari lalu,” demikian keluhan dari salah satu peserta yang tertulis dalam kolom komentar.

Menanggapi hal tersebut, Prakerja memberikan solusi terkait beberapa permasalahan yang dialami secara umum oleh peserta. Simak penjelasan berikut.

 

 

3 dari 3 halaman

Solusi Berbagai Masalah

1. Sertifikat Tidak Muncul

Sertifikat dari pelatihan nantinya akan muncul pada laman dashboard Prakerja setelah menyelesaikan pelatihan dalam kurun waktu satu hari kerja sesuai Manajemen Pelaksana menerima laporan penyelesaian pelatihan dari aplikasi.

Namun, apabila sertifikat Anda masih belum muncul, dapat coba menghubungi contact center yang tercantum pada aplikasi Platform Digital.

2. Nama Tidak Sesuai di Sertifikat

Jika nama yang tertulis pada sertifikat terdapat kesalahan, kekeliruan, atau tidak sesuai dengan nama asli Anda sebagai peserta, tidak perlu khawatir. Anda dapat menghubungi Lembaga Pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut terkait perbaikan nama.

Hal yang perlu dipastikan adalah menggunakan nama asli di profil akun Platform Digital dan Lembaga Pelatihan agar nama yang tercantum di sertifikat dapat sesuai dengan nama asli.

3. Tautan Sertifikat Tidak Dapat Terbuka

Pertama, pastikan kembali jaringan dan koneksi internet yang ada pada gawai Anda agar dapat mengakses tautan tersebut. Ketika stabil dan dalam kondisi baik, coba kembali buka tautan sertifikat tersebut.

Jika masih terdapat kendala, Anda dapat mengisi Formulir Pengaduan dengan melampirkan bukti tangkap layar di dashboard pada bagian sertifikat.

Untuk informasi lebih lengkapnya, dapat mengunjungi situs prakerja.go.id/tanya-jawab.

Reporter: Caroline Saskia

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja