Sukses

Terkendala Dapat Sertifikat Kartu Prakerja 2021 Usai Pelatihan? Lakukan Cara Ini

Simak solusi saat terkendala mendapatkan sertifikat Kartu Prakerja 2021.

Liputan6.com, Jakarta Usai mengikuti pelatihan Program Kartu Prakerja 2021, peserta akan mendapatkan sertifikat. Ini sebagai bukti bahwa peserta sudah secara sah dan tervalidasi selesai melakukan pelatihan dan program yang tersedia.

Akan tetapi, ada beberapa kendala yang mungkin dialami dan dihadapi beberapa peserta usai pelatihan Kartu Prakerja.

Seperti sertifikat yang belum muncul, nama yang tercantum tidak sesuai dengan nama asli, hingga tautan yang terdapat di dashboard tidak dapat dibuka.

Padahal, kepemilikan sertifikat dapat menjadi salah satu syarat bagi peserta untuk bisa mendapatkan insentif langsung dari Prakerja.

Berdasarkan unggahan Prakerja pada akun resmi Instagram-nya di @prakerja.go.id, Selasa (14/9/2021). ada banyak kendala yang turut dialami peserta melalui kolom komentar.

“Saya sudah menghubungi platform yang tersedia, tetapi tidak ada respons/jawaban menanyakan kapan sertifikat di dashboard keluar, padahal tugas saya sudah 100 persen sejak tiga hari lalu,” demikian keluhan dari salah satu peserta yang tertulis dalam kolom komentar.

Menanggapi hal tersebut, Prakerja memberikan solusi terkait beberapa permasalahan yang dialami secara umum oleh peserta. Simak penjelasan berikut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Solusi Masalah Sertifikat Prakerja

1. Sertifikat Tidak Muncul

Sertifikat dari pelatihan nantinya akan muncul pada laman dashboard Prakerja setelah menyelesaikan pelatihan dalam kurun waktu satu hari kerja sesuai Manajemen Pelaksana menerima laporan penyelesaian pelatihan dari aplikasi.

Namun, apabila sertifikat Anda masih belum muncul, dapat coba menghubungi contact center yang tercantum pada aplikasi Platform Digital.

2. Nama Tidak Sesuai di Sertifikat

Jika nama yang tertulis pada sertifikat terdapat kesalahan, kekeliruan, atau tidak sesuai dengan nama asli Anda sebagai peserta, tidak perlu khawatir. Anda dapat menghubungi Lembaga Pelatihan untuk konfirmasi lebih lanjut terkait perbaikan nama.

Hal yang perlu dipastikan adalah menggunakan nama asli di profil akun Platform Digital dan Lembaga Pelatihan agar nama yang tercantum di sertifikat dapat sesuai dengan nama asli.

3. Tautan Sertifikat Tidak Dapat Terbuka

Pertama, pastikan kembali jaringan dan koneksi internet yang ada pada gawai Anda agar dapat mengakses tautan tersebut. Ketika stabil dan dalam kondisi baik, coba kembali buka tautan sertifikat tersebut.

Jika masih terdapat kendala, Anda dapat mengisi Formulir Pengaduan dengan melampirkan bukti tangkap layar di dashboard pada bagian sertifikat.

Untuk informasi lebih lengkapnya, dapat mengunjungi situs prakerja.go.id/tanya-jawab.

Reporter: Caroline Saskia

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.