Sukses

Manfaatkan Alsintan, Produktivitas Pertanian Petani Cianjur Meningkat

Pengelolaan dan pemanfaatan alsintan dengan baik juga dapat berdampak pada peningkatan pendapatan petani.

Liputan6.com, Jakarta *Alsintan Pacu Pertanian di Cianjur Semakin Melesat Hebat*

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mujagi di Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat merasakan manfaat dari penggunaan alsintan yang memacu produktivitas pertanian. 

Berkaitan dengan hal tersebut, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menerangkan, di era 4.0 ini, alsintan menjadi penanda semakin berkembang pesatnya teknologi pertanian Indonesia. Tak hanya sekadar penanda, alsintan juga mendorong peningkatan produktivitas yang orientasinya adalah kesejahteraan petani itu sendiri.

"Alsintan merupakan mekanisasi pertanian yang kehadirannya tak dapat lagi dihindarkan. Alsintan menjadi penanda bahwa sektor pertanian telah bermetamorfosa dari pola tradisional ke arah yang lebih modern," kata Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Ali Jamil meyakini bahwa kehadiran alsintan dapat meningkatkan produktivitas pertanian. Sebab, menurutnya, berbagai macam jenis dan kegunaan alsintan sangat bermanfaat dalam membantu budidaya pertanian.

Dalam mengolah lahan misalnya, alsintan mampu menghemat waktu dan biaya produksi. Sementara saat panen raya, alsintan mampu meningkatkan produktivitas budidaya petani.

"Petani harus bisa mengoptimalkan dan memaksimalkan penggunaan alsintan dengan baik. Sebab, dengan penerapan mekanisasi pertanian produksi, produktivitas pertanian ikut meningkat," imbuh dia.

Tak hanya itu, Ali menyebut pengelolaan dan pemanfaatan alsintan dengan baik juga dapat berdampak pada peningkatan pendapatan petani.

Meningkatnya pendapatan petani diharapkan dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan.

Tidak kalah penting adalah perawatan dan pemeliharaan alsintan. Menurutnya, perawatan sangat penting, karena dapat membuat alsintan berumur panjang dan kinerjanya lebih maksimal. "Alsintan ini harus dimanfaatkan dan dirawat dengan baik," pesan Ali.

Untuk itu, ia menegaskan, optimalisasi alsintan diperlukan sebagai langkah awal dalam upaya meningkatkan pembangunan pertanian Indonesia.

Utamanya untuk mewujudkan ketahanan pangan. Pasalnya, mekanisasi pertanian modern mampu meningkatkan produksi padi pada tahun-tahun mendatang.

"Saya berharap, adanya teknologi tidak akan menurunkan produksi. Gunakanlah alat canggih yang ada supaya produksi bisa meningkat. Hal ini sekaligus meningkatkan ketahanan pangan dan ekspor," ucap Ali.

Sementara itu, Direktur Alsintan Direktorat Jenderal (Ditjen) PSP Kementan, Andi Nur Alamsyah mengatakan, alsintan dapat membantu percepatan proses budidaya pertanian.

"Baik itu percepatan olah tanah, percepatan tanam, hingga percepatan panen. Dengan begitu, petani pun bisa meningkatkan indeks pertanaman (IP)," jelasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini