Sukses

Ingin Kaya? Ikuti 5 Tips Kelola Keuangan ala Miliarder Warren Buffett

Ada lima tips yang diberikan oleh Warren Buffett dalam mengelola keuangan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Bijak untuk mengelola keuangan sejak dini bisa membawa berbagai manfaat. Salah satunya adalah membangun kekayaan di masa depan.

Tentunya tidak ada seorang pun yang ingin melewatkan kesempatan untuk menjadi kaya. Miliarder Warren Buffet adalah seorang investor yang andal. Miliarder berusia 91 tahun juga senang membagikan pengetahuannya untuk membantu orang lain dalam mengelola keuangan.

Bagi Anda yang ingin sukses dalam mengelola keuangan, berikut ini lima tips yang diberikan oleh Buffet seperti yang dilansir dari The Motley Fool, Kamis (9/9/2021).

1. Menabung Sebelum Berbelanja

Untuk meraih kekayaan, Anda diharuskan untuk menabung. Buffet sangat memercayai kekuatan investasi.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus menyisihkan uang terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Apabila uang tersebut sudah habis, investasi tidak dapat dijalankan.

Mengotomatisasi tabungan menjadi pilihan yang tepat. Sebagian besar bank mengizinkan Anda untuk memindahkan gaji yang diperoleh secara otomatis dari rekening giro ke rekening tabungan. Jadi, Anda tidak akan menyentuh uang tersebut sama sekali.

2. Bersiap untuk Hal Tak Terduga

Buffet sangat menyukai ide untuk menyiapkan dana darurat. Menurutnya, dana tersebut akan bermanfaat saat Anda harus membayar tagihan yang tidak direncanakan.

Tanpa dana darurat, Anda harus membayar tagihan dengan utang dan membayar bunga yang mahal.

Anda bisa menyimpan sejumlah uang di rekening yang cukup untuk memenuhi biaya hidup tiga hingga enam bulan mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Jangan Beli Saham yang Tidak Diinginkan dalam 20 Tahun

Buffett percaya bahwa berinvestasi di pasar saham bisa menghasilkan banyak uang. Akan tetapi, pendekatan jangka panjang untuk membeli saham sangat dibutuhkan.

Ia menganjurkan agar Anda membeli saham yang direncanakan untuk disimpan dalam jangka waktu yang lama.

4. Berinvestasi pada Kesuksesan Diri Sendiri

Berinvestasi pada diri sendiri juga bisa meningkatkan kekayaan. Anda bisa melanjutkan pendidikan untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi, mengikuti kursus online, atau melakukan hal yang diperlukan agar karier Anda bisa semakin bertumbuh.

5. Manfaatkan Hipotek Jangka Panjang

Buffett sangat menyukai pembelian rumah dengan hipotek (kredit) selama 30 tahun, terutama saat suku bunga sedang rendah. Ketika mengambil pinjaman jangka panjang, Anda tidak akan terikat dengan pembayaran yang lebih tinggi seperti pada pinjaman jangka pendek.

Oleh karena itu, Anda akan mengambil sedikit risiko saat menandatangani kredit 30 tahun.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.