Sukses

PLN Jamin Listrik Tak Padam saat Pelaksanaan PON XX Papua

PLN menyelesaikan pekerjaan kelistrikan pada lima venue pertandingan dan lima lokasi wisma atlet di PON XX Papua.

Liputan6.com, Jakarta Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua akan dilaksanakan pada 2-15 Oktober 2021. PT PLN (Persero) menyelesaikan kontruksi infrastruktur kelistrikan dan menjamin ketersediaan pasokan listrik pada ajang olahraga ini. 

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda, mengatakan bahwa pekerjaan kelistrikan sudah selesai 100 persen. Diharapkan melalui PON XX di Merauke dapat mendukung pengembangan olahraga nasional.

Melansir dari keterangan pers, Rabu (25/8/2021), penyelesaian pekerjaan kelistrikan dilakukan pada lima venue pertandingan dan lima lokasi wisma atlet.

Sistem kelistrikan meliputi seluruh venue, seperti Hotel Swissbel, Arena Balap Motor Tanah Miring, Stadion Katalpal, GOR KONI Hiad Sai, dan Gedung Archelaus Sai.

Rencananya, Mess Martadinata, Mess Musamus, Wisma Bunda Pengharapan, Mess Katalpal, Mess Kompi Senapan B, dan Mess Ndoremkai akan dijadikan sebagai wisma atlet.

Perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik dan pembangkit juga dilakukan oleh PLN. Huda menyebutkan, "Kami melakukannya untuk memastikan pasokan listrik dari pembangkit dapat teraliri dengan baik saat kegiatan nanti," jelasnya.

Selanjutnya, pembangkit listrik yang tersedia masih cukup untuk memenuhi kebutuhan daya selama PON XX berlangsung. Tercatat beban puncak Kabupaten Merauke saat ini adalah 24,2 MW. Sementara itu, total daya pembangkit milik PLN mampu mencapai 46,5 MW.

"Dengan perkiraan kebutuhan daya untuk PON XX sekitar 3,4 MW, maka pembangkit kami masih sangat cukup," kata Huda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peralatan Pendukung Lainnya

Peralatan pendukung lainnya dipersiapkan PLN untuk menjamin ketersediaan pasokan listrik di sejumlah venue dan lokasi strategis selama pertandingan. Adapun rinciannya berupa 33 unit mobile genset berkapasitas 100 kW, 200 kW, dan 500 kW, 2 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) 250 kVA, serta 6 Unit Gardu Bergerak (UGB) berkapasitas 250 VA dan 400 kVA.

Cadangan tersebut diharapkan tidak menyebabkan terjadinya pemadaman listrik saat kegiatan berlangsung.

Kabupaten Merauke menjadi tuan rumah penyelenggaraan 6 cabang olahraga, yaitu sepak bola putri, catur, bermotor, anggar, wushu, dan gulat yang akan dilaksanakan di lima venue berbeda. Selain di Merauke, acara juga akan dipusatkan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Mimika.  

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini