Sukses

BPJAMSOSTEK Pastikan Bayar Biaya Perawatan Korban Runtuhan Mal Margo City

Berdasarkan informasi dari pihak kepolisian dan manajemen Margo City, terdapat 11 orang korban dimana 10 diantaranya merupakan peserta aktif BPJAMSOSTEK.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) atau BPJAMSOSTEK memastikan memberikan santunan kepada korban musibah jatuhnya lift barang di Margo City Depok. Santunan tersebut antara lain biaya perawatan beasiswa kepada ahli waris korban. 

Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Irvansyah Utoh Banja mengatakan, keluarga besar BPJAMSOSTEK ikut berduka dengan musibah yang terjadi di Margo City Depok.

Berdasarkan informasi dari pihak kepolisian dan hasil koordinasi dengan manajemen Margo City, terdapat 11 orang korban dimana 10 diantaranya merupakan peserta aktif BPJAMSOSTEK.

Dari 10 korban tersebut telah dilarikan ke Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) kerjasama BPJAMSOSTEK, untuk mendapatkan perawatan.

"Rinciannya, 5 orang luka ringan dan sudah diperbolehkan pulang, 4 orang dirawat di RS Bunda Margonda, dan 1 orang dirawat di RSUI dan meninggal dunia," kata dia dalam pernyatannya, Minggu (22/8/2021).

Irvansyah melanjutkan, Semua korban peserta BPJAMSOSTEK tersebut akan mendapatkan hak manfaat perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja. Manfaat tersebut diantaranya mendapatkan perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh.

Kemudian jika dalam masa pemulihan, korban tidak dapat bekerja untuk sementara waktu, BPJAMSOSTEK juga akan memberikan santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100 persen upah yang dilaporkan selama 12 bulan, dan selanjutnya 50 persen upah hingga sembuh.

Bagi korban meninggal juga akan mendapat santunan kematian akibat JKK sebesar 48 kali upah dilaporkan. "Ada juga bantuan beasiswa untuk 2 orang anak, dari pendidikan dasar sampai kuliah maksimal mencapai Rp174 juta," kata dia. 

BPJAMSOSTEK akan terus memantau perkembangan para korban dan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait jika terdapat korban tambahan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

11 Korban Reruntuhan Margo City Depok Dibawa ke RS UI dan Bunda Margonda

Sebelumnya, korban runtuhan Mal Margo City bertambah menjadi 11 orang. Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan di lokasi reruntuhan dan jatuhnya lift barang.

Imran mengatakan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. "Jumlahnya saat ini menjadi 11 orang," ujar Imran, Sabtu (21/8/2021).

Imran menjelaskan, 11 orang tersebut mengalami luka ringan dan luka berat dan sudah mendapatkan penanganan dari rumah sakit. Korban telah mendapatkan penanganan kesehatan di rumah sakit Bunda Margonda dan Rumah Sakit UI.

"Tiga orang di tangani di rumah sakit UI dan delapan orang dibawa ke rumah sakit Bunda Margonda," terang Imran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.