Sukses

Jasa Logistik Jadi Bisnis Menjanjikan Selama Pandemi Covid-19, Minat?

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga reda, ternyata bisnis logistik semakin bersinar.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga reda, ternyata bisnis logistik semakin bersinar. Potensi besar ini sejalan dengan penggunaan layanan e-commerce dan marketplace.

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) memaparkan bahwa pertumbuhan bisnis logistik pada 2020 mencapai lebih dari 30 persen. Dan pertumbuhan sektor tersebut secara keseluruhan diperkirakan bisa mencapai Rp 40 triliun atau lebih setiap tahunnya.

Karena itu, tak mengherankan jika banyak pemain logistik baru bermunculan seiring dengan potensi bisnis logistik yang akan terus bertumbuh.

“Sektor logistik di Indonesia sangat menjanjikan sebagai peluang bisnis,” ujar Beni Syarifudin, pendiri sekaligus CEO Trawlbens, Rabu (18/8/2021).

Hanya saja, Beni menekanka bahwa untuk sukses di bisnis logistik ini dibutuhkan kemampuan mengelola dan membentuk jaringan di samping modal besar.

Para pemain logistik harus bisa memberikan efisiensi, visibilitas, dan konektifitas yang berkelanjutan (sustainable). Tujuannya, agar mereka dapat menjawab tantangan dan mengambil peluang-peluang bisnis.

TrawlBens telah melakukan dan membuktikan bagaimana jaringan menjadi salah satu faktor penting keberhasilan dalam mengembangkan bisnis logistik. Faktor lainnya terkait tarif yang kompetitif dan kemampuan beradaptasi dengan teknologi terutama untuk bermain di e-commerce dan marketplace. Tak dimungkiri e-commerce memberikan kontribusi lebih dari 50 persen bagi pendapatan bisnis logistik.

“Potensi bisnis logistik sangat besar karena terpengaruh dengan pertumbuhan e-commerce,” ujarnya.

Hingga semester II tahun 2021, kinerja Trawlbens menunjukkan pencapaian yang luar biasa. Saat ini, sudah terjalin 50 sampai 60 mitra bisnis strategis yang tersebar di kawasan Jabodetabek. Nilai bisnis TrawlBens mencatatkan pertumbuhan yang signifikan pula dibanding tahun lalu.

Tak kalah penting, Trawlbens telah meningkatkan kemampuan aplikasi digitalnya di apps Trawlbens untuk semakin memanjakan konsumen pengguna jasa logistik. Di dalam aplikasi tersebut konsumen bisa memaksimalkan fitur layanan pengiriman atau perpindahan barang ke seluruh Indonesia dengan tarif kompetitif.

“Saya ingin TrawlBens menjadi penggerak ekonomi Indonesia melalui revolusi logistik. Trawlbens akan menghubungkan kegiatan bisnis seluruh masyarakat di Indonesia secara luas, aman, efektif dan efisien dengan tarif kompetiti untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemitraan

Ada lima kemitraan yang dikembangkan Trawlbens saat ini, yakni mitra bisnis, mitra space, mitra pool warehouse, mitra kurir motor dan mitra transporter mobil. Untuk masing-masing kemitraan, Beni memberi jaminan bahwa semuanya akan memberikan keuntungan bagi partner bisnis Trawlbens.

Pertama, terkait mitra bisnis. Ini merupakan kemitraan yang sangat menarik karena partner bisnis tinggal hanya duduk santai di rumah bisa mendapatkan penghasilan fantastis. "Keuntungannya hingga Rp 30 juta per bulan tanpa perlu repot-repot mencari pelanggan. Karena pelanggan secara otomatis mendatangi tempat Anda,” kata Beni.

Mitra bisnis TrawlBens hanya perlu menyiapkan tempat sebagai kantor dan penyimpanan barang serta armada untuk mengirimkan barang. Tempat tersebut harus memiliki akses jalan dua lajur yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Mitra akan bertanggung jawab dalam menerima dan mengirim barang kepada customer di wilayah setempat.

Bagi mitra yang memiliki garasi rumah ataupun kios di pinggir jalan, bisa memilih menjadi mitra space. Mitra tidak perlu pusing mencari customer karena TrawlBens akan membantu dalam mendapatkan customer. Untuk mitra space ini, nantinya mereka akan menerima barang dari mitra kurir motor TrawlBens. Kemudian barang yang datang ditimbang dan diukur secara aktual serta melakukan packing barang yang akan dikirimkan.

“Yang pasti, saat ini kami di Trawlbens tengah disibukkan dengan penandatanganan kerja sama dengan mitra bisnis baru baik perorangan maupun kelompok hingga September tahun ini. Komitmen, keseriusan dan keuntungan besar serta customer oriented menjadi faktor keberhasilan kami dalam menggandeng mitra bisnis TrawlBens,” pungkas Beni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.