Sukses

Wapres Ma'ruf Ingin Sumbar Jadi Pelopor Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia

Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menginginkan Provinsi Sumatera Barat bisa menjadi pelopor penerapan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menginginkan Provinsi Sumatera Barat bisa menjadi pelopor penerapan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Sebab menurutnya provinsi tersebut punya modal yang kuat dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah yang tidak saja sesuai dengan aturan agama, tapi juga berkeadilan, kompetitif dan menguntungkan.

Dia yakin dengan kultur adat dan masyarakat yang agamis mengacu kepada Tigo Tungku Sajarangan 'Adat basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah' tentu akan menjadi pelecut bagi hijrah muamalah melalui pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah.

"Karena itu, saya yakin upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk menggelorakan ekonomi dan keuangan Syariah dalam festival Muharram dan peringatan Hari Kemerdekaan sejalan dengan upaya Pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia," kata dia dalam Festival Muharram dan Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021," Selasa (10/8).

Dia menyampaikan upaya-upaya untuk mendorong pengembangan ekonomi syariah sudah lebih dulu dilakukan di Provinsi Sumatra Barat. Hal ini ditandai melalui konversi Bank Nagari menjadi bank Syariah yang di mana ini merupakan cita-cita dan keinginan masyarakat Sumatera Barat.

"Konversi Bank Nagari menjadi bank Syariah juga sejalan dengan apa yang dilakukan Pemerintah saat ini yaitu bergerak bersama memajukan ekonomi dan keuangan syariah melalui empat fokus yakni pengembangan industri halal, penguatan keuangan syariah, pengembangan dana sosial syariah, dan pengembangan kerwirausahaan syariah," bebernya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sarana Pemberdayaan Masyarakat

Selain itu, Gerakan Minangkabau Berwakaf dapat menjadi sarana untuk pemberdayaan masyarakat Sumatera Barat, dan juga sarana untuk membantu perekonomian kelompok masyarakat miskin.

Masyarakat Sumatera Barat yang terkenal dengan para perantau sukses di berbagai daerah maupun di luar negeri merupakan potensi yang harus diaktifkan dalam bentuk kolaborasi para perantau dengan daerah dalam membangun 'Nagari'.

"Untuk itu saya mengapresiasi inisiatif-inisiatif yang diambil oleh pemerintah daerah dan masyarakat Sumatera Barat baik dalam hal konversi bank Nagari menjadi bank Syariah maupun pengembangan wakaf produktif," jelas dia.

Saya melihat ikhtiar hijrah sedang bergelora di Sumatera Barat melalui penguatan ekonomi dan keuangan Syariah yang Insya Allah akan bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat," tutupnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.