Sukses

Belum Semua Instansi Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2021, Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Masa pendaftaran dan masa seleksi administrasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 untuk CPNS 2021 dan PPPK telah selesai. Dalam jadwalnya, pada 2 dan 3 Agustus merupakan masa pengumuman seleksi administrasi CPNS 2021 dan PPPK. 

Untuk melihat lolos atau tidaknya, peserta atau pendaftar bisa mengunjungi laman sscasn.bkn.go.id/login. Selain itu, peserta juga bisa melihat pengumuman pada kanal informasi dari Instansi yang dituju.

Jika melalui laman SSCASN, peserta CPNS 2021 perlu masuk menggunakan akun yang dimiliki, kemudian melihat kolom informasi terkait hasil seleksi tersebut.

Kendati dijadwalkan 2-3 Agustus 2021, pengumuman baru bisa dilihat peserta jika instansi tujuan telah selesai melakukan verifikasi berkas.

“Namun perlu diingat pengumuman tersebut dapat diakses setelah instansi selesai memverifikasi keseluruhan berkas pelamar,” tulis akun @bkngoidofficial, Senin (2/8/2021).

Dengan demikian, jika hasil seleksi CPNS 2021 belum muncul pada portal SSCASN dan kolom informasi di instansi, berarti proses verifikasi administrasi masih berlangsung.

“Mari dukung Tim Verifikasi Instansi menyelesaikan proses ini dengan baik, karena tahapan ini membutuhkan kecermatan dan ketelitian,” tulis akun tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Melihat Hasil Seleksi

Lantas bagaimana cara melihat hasil seleksi administrasi tersebut?

Bagi pelamar sudah menyelesaikan proses pendaftaran tidak perlu khawatir. Karena untuk melihat hasil seleksi administrasi bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Pengumuman hasil seleksi administrasi dapat diakses melalui situs SSCASN atau http://sscasn.bkn.go.id.

Setelah masuk ke portal sscasn klik laman SSCASN, pada menu bar klik "Login". Masukkan NIK dan password di kolom login. Klik "Masuk".

Pengumuman hasil seleksi administrasi akan dapat langsung terlihat di sistem SSCASN. Setelah itu, pelamar yang lulus dalam seleksi administrasi dapat melakukan Unduh Kartu Ujian.

 

3 dari 3 halaman

Masa Sanggah

Menurut pantauan Liputan6.com di situs SSCASN, jika hasil seleksi administrasi telah muncul peserta bisa melakukan sanggahan terhadap hasil tersebut.

Misalnya, ditemukan ketidak sesuaian dokumen atau ada dokumen tambahan yang dibutuhkan instansi.

Perlu diingat, kesempatan sanggah hanya diberikan satu kali, jadi peserta yang akan melakukan sanggahan perlu lebih teliti.

Pengajuan sanggahan bisa dilakukan mulai 4 Agustus 2021, setelah semua instansi mengumumkan hasil verifikasi administrasi.

“Peserta diberikan waktu tiga hari untuk melakukan sanggah,” tulis BKN dalam halaman muka situs SSCASN.