Sukses

PPKM Luar Jawa dan Bali Juga Diperpanjang hingga 2 Agustus 2021

PPKM di luar Jawa dan Bali diberlakukan secara gradual dalam empat level yaitu 1 hingga 4.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah juga memperpanjang PPKM di luar Pulau Jawa dan Bali. Perpanjangan berlaku mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. PPKM di luar Jawa dan Bali diberlakukan secara gradual dalam empat level yaitu 1 hingga 4.

PPKM level 4 akan diterapkan di 45 kabupaten dan kota di 21 provinsi di luar Jawa dan Bali. Sedangkan PPKM level 3 diterapkan di 276 kabupaten dan kota di 21 provinsi. 

Untuk PPKM level 2 akan diterapkan di 65 kabupaten dan kota di 17 provinsi. Selanjutnya, terdapat 45 kabupaten dan kota dan 21 provinsi yang menjalankan PPKM level 1. 

"Kami sudah rapat koordinasi dengan gubernur, bupati dan walikota untuk menjelaskan terkait dengan pelaksanaan PPKM ini," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM, Minggu (25/7/2021).

Untuk pelaksanaan skenario pengendalian tingkat mikro berdasarkan jumlah warga yang terkonfirmasi positif. Sementara untuk tingkat RT dan pelaksanaan tugas posko desa atau kabupaten tetap dilakukan di semua tingkatan PPKM.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bansos

Airlangga melanjutkan, terkait dengan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat di kabupaten kota untuk penerapan PKM level IV, pemerintah akan menambah menambah bantuan kartu sembako itu besarnya Rp 200.000 untuk 2 bulan. Adapun penerimanya adalah 18,8 juta keluarga penerima manfaat.

"Kemudian kartu sembako PPKM terdapat 5,9 juta keluarga penerima manfaat, ini merupakan usulan daerah dan yang ditambahkan dan besarannya juga sebesar Rp 200.000 per bulan selama 6 bulan," jelas dia.

Kemudian perpanjangan bantuan sosial tunai untuk 2 bulan Mei sampai dengan Juni akan disalurkan di bulan Juli sebesar Rp 6,14 triliun untuk 10 juta KPM. Selanjutnya adalah melanjutkan subsidi kuota internet selama 5 bulan Agustus sampai Desember untuk 38,1 juta penerima. Adapun besarannya mencapai Rp 5,54 triliun.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.