Sukses

Harga Emas Jatuh, Menuju Penurunan Mingguan Pertama

Harga emas jatuh dan menuju penurunan mingguan pada hari Jumat

Liputan6.com, Jakarta Harga emas jatuh dan menuju penurunan mingguan pada hari Jumat karena dolar yang lebih kuat, imbal hasil yang lebih kuat, dan pasar ekuitas mengurangi daya tariknya.

Harga emas di pasar spot turun 0,3 persen menjadi USD 1,800,72 per ounce pada 13:43 ET. Harga emas berjangka AS menetap 0,2 persen lebih rendah pada USD 1,801,80.

Emas telah turun 0,7 persen minggu ini setelah secara singkat bergerak menuju puncak satu bulan minggu lalu, karena kekhawatiran atas meningkatnya varian Delta kasus COVID-19 telah mereda. Hal ini mendorong investor untuk keluar dari aset safe-haven karena selera risiko kembali.

"Pasar emas mencari pendorong fundamental baru dan sebenarnya tidak ada," kata Jim Wyckoff, analis senior Kitco Metals, mencatat imbal hasil riil yang lebih lemah dan lonjakan kasus COVID-19 tidak cukup untuk menggerakkan harga lebih tinggi.

"Pedagang teknis mengambil alih karena kurangnya fundamental dan postur teknis jangka pendek emas telah berubah negatif, mengundang beberapa pedagang untuk menjual pasar," tambah Wyckoff.

Tekanan yang menumpuk pada logam adalah indeks dolar yang lebih kuat yang bertahan dekat dengan puncak 3-1/2 bulan dan imbal hasil Treasury benchmark yang lebih kuat.

Hasil yang lebih tinggi cenderung membebani harga emas, yang tidak membayar bunga karena diterjemahkan ke dalam peningkatan biaya peluang memegang logam.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Pasar

Fokus pasar sekarang beralih ke pertemuan Federal Reserve AS minggu depan setelah Bank Sentral Eropa pada hari Kamis berjanji untuk mempertahankan suku bunga pada rekor terendah untuk beberapa waktu.

"Harga emas telah menemukan dukungan yang baik dari pasar fisik pada sisi negatifnya, tetapi telah berjuang untuk mendapatkan momentum karena posisi spekulatif tetap ringan," kata Suki Cooper, analis di Standard Chartered.

Kepemilikan di SPDR Gold Trust New York, ETF emas terbesar, berada di level terendah dalam lebih dari dua bulan pada hari Kamis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.