Sukses

4 Cara Agar UMKM Bisa Bertahan di Masa Pandemi

Bergabung dengan komunitas di Link UMKM dari BRI membawa usahamu bisa naik kelas.

Liputan6.com, Jakarta Sudah lebih dari setahun pandemi Covid-19 melanda dunia. Lantaran pandemi yang masih terjadi hingga saat ini, otomatis berbagai sektor pun terganggu, terutama sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Lantas bagaimana caranya agar UMKM tetap bisa bertahan di masa pandemi seperti sekarang ini?

Salah satu hal yang harus diingat bahwa UMKM sebenarnya adalah sektor yang fleksibel. Ya, UMKM dapat berubah haluan kapanpun alias dapat beradaptasi mengikuti perkembangan zaman.

Nah di masa pandemi ini, UMKM bisa terus bergerak dan maju dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Manfaatkan Sosial Media

Para pelaku usaha harus menyadari bahwa berkat teknologi berbagai jenis upaya dan bisnis UMKM bisa dilaksanakan lebih mudah dan terstruktur.

Ya, mulai sekarang manfaatkan kecanggihan media sosial untuk menjangkau pasar guna memasarkan produk lebih luas lagi. Selain itu, penting pula diketahui bahwa dalam menggunakan media sosial, para penggunannya menyukai hal visual.

Oleh karena itu untuk memanfaatkan rasa tertarik audiens, cobalah membuat konten promosi bisnis dalam bentuk visual, bukan hanya mengedukasi dan menginspirasi, tapi juga menghibur.

Selain dalam bentuk gambar, kamu juga bisa mem-posting video. Misalnya video how-to atau sekadar tips yang berhubungan dengan bidang bisnis yang sedang dijalankan saat ini.

3 dari 5 halaman

2. Bergabung dengan Komunitas

Tahukah kamu bahwa bergabung dengan komunitas, otomatis dapat memperluas jaringan bisnis. Komunitas dapat menjadi wadah untuk saling bertukar informasi mengenai segala hal yang berkaitan dalam pengembangan bisnis.

Biasanya, ketika bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan DNA bisnismu, kamu belum menemukan berbagai macam ilmu dan pengalaman yang belum pernah kamu temukan di buku dan teori bisnis lainnya.

Nah, jika kamu belum bergabung dengan komunitas, sekarang cobalah mulai mengakses Link UMKM dari BRI. Ya, Link UMKM adalah platform online yang dapat diakses via website dan aplikasi smartphone.

Platform ini dibuat untuk membawa UMKM Indonesia naik kelas. Ketika bergabung dengan Link UMKM di sini, kamu dapat berjejaring dengan sesama UMKM di seluruh Indonesia yang memiliki karakteristik berdasarkan wilayah dan jenis usaha.

4 dari 5 halaman

3. Manfaatkan Layanan Perbankan

Untuk para pelaku usaha, ada baiknya memilih bank yang memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh Tanah Air dan memiliki beragam produk, untuk memenuhi jasa keuangan para konsumennya.

Salah satu layanan perbankan rekomendasi terbaik untuk dipilih para pelaku UMKM di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (​PPKM) Darurat adalah Tabungan BRI Simpedes.

Tabungan BRI Simpedes adalah jenis tabungan yang mendukung pemberdayaan UMKM dengan sejumlah fitur yang dapat mendukung usaha. Akses yang mudah dan unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia, dapat mengakomodir transaksi para pelaku usaha.

Selain itu, para pelaku usaha yang memiliki Tabungan BRI Simpedes juga dapat melakukan transaksi di mana pun dan kapan pun melalui aplikasi mobile banking (BRImo). Lewat BRImo, cek mutasi dari hasil penjualan dan pengeluaran bisa dilihat hingga satu tahun ke belakang. Tarik tunai tanpa kartu ATM pun bisa dilakukan dengan mudah.

5 dari 5 halaman

4. Mengikuti Pelatihan UMKM

Di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat, Pemerintah dan lembaga keuangan terus mendorong pemulihan ekonomi UMKM.

BRI sebagai salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia, memfasilitasi para pelaku usaha dengan menghadirkan pelatihan UMKM melalui Link UMKM.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkapkan, platform ini hadir untuk menjawab kebutuhan pelaku UMKM ketika ingin mengakses, misalnya, informasi tentang pasar, atau meningkatkan kemampuan administrasi dan manajemen usahanya.

"Melalui Link UMKM, setiap pelaku usaha berkesempatan untuk bisa mendapat pelatihan yang berkualitas," ujar Sunarso.

Untuk diketahui, Link UMKM memiliki fitur utama yaitu Rumah BUMN, UMKM Media, UMKM Smart, Komunitas, Etalase Digital, serta Dashboard. Masing-masing fitur menyediakan berbagai fasilitas dan produk yang dapat digunakan pelaku UMKM agar semakin berkembang.

Yuk bergabung dengan Link UMKM sekarang. Jika sudah terdaftar, nantinya kamu akan memiliki Kartu Anggota Link UMKM yang berisi profil lengkap diri serta QR Code dengan nomor keanggotaan sebagai identifikasi.

Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur untuk membuat usahamu tetap langgeng bahkan naik kelas di masa PPKM Darurat. Jangan lupa, follow akun Instagram @bankbri_id dan kunjungi website resmi BRI di sini. 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini