Sukses

Ramai Paket Wisata Sekaligus Vaksin ke Amerika Serikat, Amankah?

Secara harga, paket promosi wisata ke Amerika Serikat dengan bonus vaksin Covid-19 yang ditawarkan terhitung normal.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah agen wisata, seperti ATS Vacations, kini ramai mengiklankan paket perjalanan sekaligus vaksin Covid-19 ke beberapa kota dan negara bagian di Amerika Serikat (AS). Paket promosi wisata ini ditawarkan mulai dari Rp 19,98 juta untuk perjalanan antara 7-10 hari ke tempat-tempat seperti Los Angeles, Las Vegas, hingga West Coast.

Wakil Ketua Umum Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Budijanto Ardiansyah, membenarkan jika bentuk penawaran promosi wisata plus vaksin seperti itu memang tengah populer saat ini.

Budijanto mengatakan, proses penyuntikan bakal dilakukan di negara pemberangkatan seperti Amerika Serikat. Namun, ia mempertanyakan apakah penyuntikan vaksin Covid-19 tersebut harus dilakukan sebanyak dua kali atau hanya boleh sekali saja.

"Apakah vaksin yang disuntikkan boleh sekali. Kalau harus dua kali kan berarti tidak efektif karena harus lama menunggu di sana. Kalau cuma vaksin sekali apakah efektif. USA memang katanya lagi keberlimpahan visa saat ini," kata dia kepada Liputan6.com, Kamis (24/6/2021).

Jika melihat ke iklan perjalanan milik ATS Vacations, perusahaan coba menawarkan vaksin Covid-19 Johnson and Johnson kepada penggunanya. Adapun vaksin jenis tersebut diklaim bisa digunakan dengan hanya satu kali suntikan saja.

Lebih lanjut, Budijanto menyampaikan, proses penyuntikan vaksin saat berwisata tersebut disediakan oleh agen lokal di Negeri Paman Sam, dan sudah termasuk dalam harga paket promosi perjalanan.

Secara harga, paket promosi wisata yang ditawarkan saat ini terhitung normal dan tidak mengalami perubahan, tapi dengan bonus vaksin Covid-19. Namun, Budijanto mengaku belum bisa membaca reaksi pasar terhadap adanya paket promosi wisata plus vaksin tersebut.

"Harganya normal aja hanya ada bonus vaksin. Tapi itu (reaksi pasar) belum termonitor, kayaknya enggak begitu booming," ujar Budijanto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kematian COVID-19 AS Tembus 600.000, Setara Korban Kanker Negara 2019

Sebelumnya, jumlah kematian AS akibat COVID-19 mencapai 600.000 per Selasa 15 Juni 2021. Angka tersebut terjadi ketika upaya vaksinasi telah secara drastis menurunkan kasus dan kematian setiap hari, serta memungkinkan negara untuk bangkit dari kesuraman dan menantikan musim panas.

Mengutip Associated Press, Rabu (16/6/2021), jumlah nyawa yang hilang, seperti yang dicatat oleh Universitas Johns Hopkins, lebih besar dari populasi Baltimore atau Milwaukee. Ini hampir sama dengan jumlah orang Amerika yang meninggal karena kanker pada tahun 2019. Angka kematian COVID-19 di dunia tercatat mencapai sekitar 3,8 juta.

Angka kematian akibat COVID-19 di AS tembus 600.000 terjadi pada hari yang sama ketika California dan New York mencabut sebagian besar pembatasan yang tersisa, bergabung dengan negara bagian lain dalam membuka jalan, langkah demi langkah, untuk menjadikan musim panas yang menyenangkan dan mendekati normal bagi banyak orang Amerika.

"Jauh di lubuk hati saya ingin bersukacita," kata Rita Torres, pensiunan administrator universitas di Oakland, California. Tapi dia berencana untuk melakukannya perlahan, “Karena seperti itulah seharusnya, apakah ini terlalu cepat? Apakah kami akan menyesal?”

Dengan kedatangan vaksin pada pertengahan Desember, kematian COVID-19 per hari di AS telah anjlok menjadi rata-rata sekitar 340, dari yang tertinggi lebih dari 3.400 pada pertengahan Januari. Kasus berjalan rata-rata sekitar 14.000 sehari, turun dari seperempat juta per hari selama musim dingin.

Jumlah kematian sebenarnya di AS dan di seluruh dunia diperkirakan jauh lebih tinggi, dengan banyak kasus diabaikan atau mungkin disembunyikan oleh beberapa negara.

Presiden Joe Biden dalam tonggak sejarah kunjungan ke luar negeri perdana pada Senin, 14 Juni, selama kunjungannya ke Eropa, mengatakan bahwa sementara kasus baru dan kematian menurun secara dramatis di AS, "masih ada terlalu banyak nyawa yang hilang," dan "sekarang bukan waktunya untuk lengah."

Kematian terbaru akibat terlihat dalam beberapa hal sebagai sangat tragis sekarang karena vaksin telah tersedia secara praktis untuk diminta.

Lebih dari 50% orang Amerika sejauh ini setidaknya sudah disuntik satu dosis vaksin, sementara lebih dari 40% telah divaksinasi penuh, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Akan tetapi, permintaan untuk vaksinasi COVID-19 di AS telah turun secara dramatis, meninggalkan banyak tempat dengan surplus dosis. Hal itu memicu keraguan apakah negara itu akan memenuhi target Joe Biden untuk memiliki 70% orang dewasa Amerika setidaknya sebagian divaksinasi pada 4 Juli yang saat ini hanya di bawah 65%.

Pada seminggu yang lalu, AS rata-rata mencatat sekitar 1 juta vaksinasi COVID-19 per hari, turun dari rata-rata sekitar 3,3 juta per hari pada pertengahan April, menurut CDC.

3 dari 3 halaman

Kondisi Pandemi COVID-19 di AS

Di hampir setiap kesempatan dalam wabah, virus telah mengeksploitasi dan memperburuk ketidaksetaraan di Amerika Serikat. Angka CDC, ketika disesuaikan dengan usia dan populasi, menunjukkan bahwa orang kulit hitam, Latin, dan penduduk asli Amerika dua hingga tiga kali lebih mungkin meninggal karena COVID-19 daripada orang kulit putih.

Analisis Associated Press juga menemukan bahwa orang Latin sekarat pada usia yang jauh lebih muda daripada kelompok lain. Orang Hispanik antara 30 dan 39 tahun tercatat lima kali lipat lebih banyak yang meninggal dari orang kulit putih dalam kelompok usia yang sama.

Secara keseluruhan, orang Amerika kulit hitam dan Hispanik memiliki akses yang lebih sedikit ke perawatan medis dan kesehatannya lebih buruk, dengan tingkat kondisi yang lebih tinggi seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Mereka juga lebih cenderung memiliki pekerjaan yang dianggap penting, kurang mampu bekerja dari rumah, dan lebih cenderung tinggal di rumah tangga multigenerasi yang padat.

Dengan gambaran keseluruhan yang meningkat dengan cepat, California, negara bagian terpadat dan yang pertama memberlakukan lockdown Virus Corona COVID-19, menjatuhkan aturan negara bagian tentang jarak sosial dan pembatasan kapasitas di restoran, bar, supermarket, pusat kebugaran, stadion, dan tempat-tempat lain, mengantarkan apa yang telah telah disebut sebagai "Grand Reopening" tepat pada waktunya untuk musim panas.

Disneyland membuka gerbangnya untuk semua turis setelah hanya mengizinkan penduduk California. Fans akan dapat duduk dan bersorak tanpa masker di game Dodgers and Giants.

Gubernur Gavin Newsom merayakannya dengan mengadakan pengundian di mana 10 orang memenangkan masing-masing $1,5 juta hanya karena divaksinasi.

Di New York, Gubernur Andrew Cuomo mengatakan pada hari Selasa bahwa 70% orang dewasa di negara bagian tersebut telah menerima setidaknya satu dosis vaksin COVID-19, dan dia mengumumkan bahwa pelonggaran segera dari banyak pembatasan akan dirayakan dengan kembang api.

“Apa artinya 70%? Artinya, sekarang kita bisa hidup kembali seperti yang kita tahu,” kata Cuomo.

Cuomo mengatakan AS mencabut aturan yang membatasi ukuran pertemuan dan mengharuskan beberapa jenis bisnis untuk mengikuti protokol pembersihan, mengukur suhu orang atau melakukan filter kepada mereka untuk gejala COVID-19.

Bisnis tidak lagi harus membatasi berapa banyak orang yang dapat mereka izinkan masuk berdasarkan aturan 6 kaki atau sekitar 162 cm.

Namun, untuk saat ini, warga New York harus tetap mengenakan masker di sekolah, kereta bawah tanah, dan tempat-tempat tertentu lainnya.

Sedangkan di Massachusetts pada Selasa 15 Juni secara resmi mencabut keadaan darurat yang telah berlaku selama 462 hari, meskipun banyak pembatasan telah dilonggarkan, termasuk persyaratan masker dan pembatasan pertemuan. Anggota parlemen dari Partai Republik di Kansas memutuskan untuk membiarkan keadaan darurat berakhir hari Selasa.

Sementara itu Gubernur Maryland mengumumkan bahwa keadaan darurat di sana akan berakhir pada 1 Juli, dengan negara bagian tidak lagi membutuhkan masker untuk keluar.

Kematian pertama yang diketahui dari Virus Corona COVID-19 di AS terjadi pada awal Februari 2020. Butuh empat bulan untuk mencapai 100.000 kematian pertama. Selama fase bencana yang paling mematikan, pada musim dingin tahun 2020-2021, dibutuhkan waktu lebih dari sebulan untuk mengubah 300.000 menjadi 400.000 kematian.

Dengan krisis yang sekarang mereda, dibutuhkan waktu hampir empat bulan bagi jumlah kematian di AS dari setengah juta menjadi 600.000.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.