Sukses

5 Hal Ini Penting Dipertimbangkan Sebelum Terima Tawaran Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Ketika Anda ditawari pekerjaan baru, Anda mungkin tergoda untuk segera menandatangani kontrak kerja.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dalam suatu pekerjaan, ada lima hal penting yang harus Anda perhatikan, dilansir dari Freemalaysiatoday.com, Sabtu (19/6/2021).

1. Perusahaan Memiliki Informasi yang Sangat Sedikit

Sebagian besar perusahaan memiliki kehadiran online yang menunjukkan siapa mereka, apa yang mereka lakukan, dan siapa pendirinya. Mereka yang tidak online mungkin adalah perusahaan kecil milik keluarga.

Perusahaan rintisan adalah pengecualian, tetapi hanya karena mereka mengaku sebagai perusahaan rintisan, itu tidak berarti mereka benar. Startup yang ingin merekrut juga harus memiliki kredensial dan dokumen untuk ditunjukkan.

Lakukan due diligence Anda. Satu ulasan negatif tidak selalu berarti itu adalah perusahaan yang buruk. Tetapi bekerja untuk bisnis dengan banyak ulasan buruk mungkin bukan ide yang cerdas.

2. Anda Tidak Diberikan Perhatian, Waktu atau Rasa Hormat Selama Wawancara

Seorang pewawancara dapat terganggu atau mungkin menyela saat Anda berbicara. Meskipun ini menjengkelkan.

Namun, jika pewawancara menolak saat Anda masih berbicara, lebih baik Anda membawa keahlian Anda ke perusahaan yang pantas dan menghargai waktu Anda.

 

2 dari 3 halaman

3. Pewawancara Tak Menjawab Pertanyaan Anda

Ini bisa menunjukkan bahwa dia tidak tahu apa yang sedang terjadi, atau tidak pernah repot-repot belajar tentang bisnis tersebut. Mereka juga bisa menjadi orang baru di perusahaan.

Dalam beberapa kasus, perusahaan dapat melakukan praktik curang atau menyembunyikan sesuatu. Berhati-hatilah, jika pewawancara tidak menjelaskan bagaimana pekerjaan Anda di perusahaan tersebut.

4. Anda Ditekan di Tempat untuk Bergabung atau Membeli Sesuatu

Ini bisa menjadi perusahaan Multi-Level Marketing (MLM), yang mempekerjakan orang untuk menjual produk atau merekrut orang lain untuk memasarkan produk mereka.

Sementara perusahaan MLM adalah badan hukum, berhati-hatilah karena dijanjikan paket kompensasi yang sangat baik hanya untuk menjual sesuatu alih-alih menghasilkan.

Ini juga bisa menjadi skema Ponzi, yang bekerja dengan cara yang sama kecuali tidak ada produk yang terlibat. Ini hanyalah drive rekrutmen di mana setiap rekrutmen baru harus membayar biaya bergabung.

 

3 dari 3 halaman

5. Posisi di Perusahaan Membahayakan Prospek Karir Anda

Ini rumit karena prospek karir setiap orang berbeda. Lakukan pencarian jiwa, apa yang saya inginkan dalam karir saya? Apakah mengambil pekerjaan ini memberikan kemajuan atau membuat saya tetap di tempat saya sekarang?.