Sukses

Menkop Teten : Menghadirkan UMKM dalam Ekosistem Digital Sebuah Keharusan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki berharap Gernas BBI periode ini dapat menghadirkan model bisnis UKM digital yang dapat menjadi inspirasi serta menjadi contoh bagi UKM di seluruh Indonesia dalam mengoptimalkan teknologi.

Dia pun mengapresiasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat (NTT).

Seperti diketahui, Kementerian Komunikasi dan Infromatika (Kominfo) sendiri bertindak sebagai campaign manager Gernas BBI di Puncak Waringin, Labuan Bajo, NTT.

"Menghadirkan UMKM kita dalam ekosistem digital adalah sebuah kaharusan," kata dia dalam acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema “Kilau Digital Permata Flobamora", Jumat (18/6/2021).

Ekosistem digital tidak bisa ditolak dengan ataupun tanpa hadirnya pandemi Covid-19. Karena mengoptimalkan teknologi merupakan aspek strategi agar dapat tetap relevan serta memiliki daya saing setara dengan pelaku usaha di seluruh Indonesia.

Oleh karena itu, dirinya ingin sekaligus berharap agar Gernas BBI di NTT kali ini dapat menghadirkan sinergi dan kolaborasi dari seluruh pihak yang melahirkan dampak baik berkelanjutan, khususnya bagi UMKM NTT.

"Sebagai penutup saya juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia mari kita dukung gernas BBI NTT dengan membeli produk UKM unggulan NTT," tandasnya.

 

2 dari 3 halaman

Apresiasi Menteri BUMN

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir juga memberikan apresiasi penyelenggaraan Gernas BBI yang dilakukan di NTT. Dia melihat banyak potensi dan 'permata' karya pelau usaha di NTT yang siap memukau dan membanggakan siapapun yang menggunakan.

Maka dari itu kehadiran digitalisasi, pemanfaatan pasar digital, serta inisiatif seperti ajang hari ini menjadi energi dan mendorong agar 'permata' yang sebelumnya tersembunyi di Flobamora bisa unjuk diri, kokoh dan bersinar dalam persaingan.

"Karenanya saya turut bangga dan mendukung penuh penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di wilayah Nusa Tenggara Timur yang bertema Kilau Digital Permata Flobamora," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini