Sukses

Tajir Melintir, 6 Orang Terkaya Dunia yang Bisa Menjejakkan Kaki di Luar Angkasa

Liputan6.com, Jakarta Orang terkaya dunia Jeff Bezos mengumumkan siap terbang ke luar angkasa dengan pesawat ruang angkasa Blue Origin milik perusahaannya, pada akhir Juli 2021 nanti.

Penerbangan, yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Juli, akan terjadi hanya dua minggu setelah Bezos mengundurkan diri sebagai CEO Amazon, perusahaan e-commerce yang ia dirikan pada tahun 1994.

Kesempatan itu akan membuat Bezos, yang sekarang menjadi orang terkaya kedua di dunia, menjadi yang pertama dari para "miliarder luar angkasa" atau pengusaha yang mendanai inovasi industri luar angkasa, yang secara pribadi mengunjungi luar angkasa.

Meski Bezos bukan yang pertama, bisa mengarungi luar angkasa. Melansir Forbes, Selasa (15/6/2021), berikut para miliarder yang sudah pergi ke luar angkasa atau dijadwalkan akan segera pergi ke luar angkasa:

 

1. Charles Simoni

Waktu: April 2007 dan Maret 2009

Melalui Staisun Luar Angkasa Soyuz Rusia

Charles Simonyi, yang membangun versi pertama Microsoft Office, adalah miliarder pertama yang pergi ke luar angkasa. Bahkan, dia menjadi miliarder satu-satunya yang pergi dua kali.

Pengembang perangkat lunak kelahiran Hungaria ini bergabung dengan Microsoft sebagai karyawan ke-40 pada tahun 1981 dan bertahan hingga tahun 2002.

Ini sebelum bergabung kembali pada tahun 2017 ketika mantan majikannya mengakuisisi perusahaan barunya, Intentional Software.

Simonyi melakukan dua perjalanan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional melalui perusahaan pariwisata luar angkasa Space Adventures, dengan menghabiskan biaya sekitar USD 60 juta.

“Setiap 90 menit, Anda melihat musim semi, Anda melihat musim gugur, Anda melihat Arktik, Anda melihat daerah tropis, Anda melihat malam, Anda melihat siang,” kata dia.

 

 

2 dari 7 halaman

2. Guy Laliberté

Waktu: September 2009

Melalui Stasiun Luar Angkasa Soyuz Rusia

Mantan artis jalanan Guy Laliberté menjadi kaya raya setelah mendirikan perusahaan hiburan sirkus Cirque Du Soleil pada tahun 1984.

Pengusaha Kanada ini sukses mengembangkan perusahaan hiburannya mendunia. Dia kemudian memilih jeda dari aktivitasnya selama berbulan-bulan pada tahun 2009 untuk berlatih terbang ke luar angkasa.

Dia membayar USD 35 juta untuk tiket tersebut, yang merupakan penerbangan luar angkasa pribadi terakhir Space Adventures selama lebih dari satu dekade.   “Begitu kami menyentuh tanah, saya ingin kembali ke sana dan melakukan perjalanan lagi,” kata dia.

 

3 dari 7 halaman

3. Jeff Bezos

Waktu: Juli 2021

Melalui Blue Origin New Shepard

Sejak mendirikan Blue Origin pada tahun 2000, Bezos, orang terkaya kedua di dunia, telah menggelontorkan sekitar USD 7,5 miliar dari uangnya sendiri ke perusahaan kedirgantaraan tersebut, menurut perusahaan ventura yang berfokus pada ruang angkasa Space Capital.

Kemudian Bezos mengumumkan jika bersama adik laki-lakinya Mark, akan menjadi penumpang dalam penerbangan luar angkasa berawak pertama perusahaan itu, yang akan diluncurkan pada 20 Juli. Ini hanya dua minggu setelah dia beralih menjadi ketua eksekutif Amazon.

Penerbangan dijadwalkan untuk melintasi garis Kármán, perbatasan yang diakui secara internasional ke luar angkasa, lebih dari 60 mil di atas permukaan bumi, sebelum turun.

"Sejak saya berusia lima tahun, saya bermimpi bepergian ke luar angkasa," kata Bezos dalam sebuah posting Instagram pada 7 Juni.

 

4 dari 7 halaman

4. Jared Isaacman

Waktu: September 2021

Melalui Pesawat ruang angkasa SpaceX Dragon

Pengusaha pemrosesan pembayaran Jared Isaacman dikenal sebagai penerbang. Dia menjadi pilot jet tempur sebagai hobi.

Sekarang, Isaacman akan menjadi komandan dalam misi sipil pertama di dunia ke luar angkasa. Miliarder itu membeli keempat kursi di pesawat yang dioperasikan SpaceX. Ini juga menjadi misi kemanusiaan Isaacman, untuk Rumah Sakit Anak St. Jude.

Bahkan di antara kru yang dipilih adalah Hayley Arceneaux, seorang penyintas kanker masa kanak-kanak.

 

5 dari 7 halaman

5. Yusaku Maezawa

Waktu: Desember 2021 dan bulan TBD di 2023

Melalui Stasiun Luar Angkasa Soyuz Rusia

Miliarder Jepang Maezawa membangun kekayaannya dengan mendirikan Zozotown, mal mode online terbesar di negara asalnya.

Pada 2018, Elon Musk dari SpaceX mengumumkan bahwa Maezawa akan menjadi pelanggan pribadi pertamanya yang terbang mengelilingi Bulan.

Awal tahun ini, pengusaha itu menambahkan tujuan luar angkasa lain ke dalam rencananya. Dia sekarang akan menjadi turis luar angkasa pertama yang mengunjungi Stasiun Luar Angkasa Internasional sejak Laliberté pada 2009.

 

6 dari 7 halaman

6. Richard Branson

Waktu: Akhir 2021

Melalui Pesawat ruang angkasa Virgin Galactic Unity

Bezos akan mengalahkan Branson sebagai "miliarder luar angkasa" pertama yang mencapai luar angkasa.

Branson dijadwalkan menjadi penumpang dalam penerbangan uji coba bertenaga roket ketiga Virgin Galactic. Sebelumnya CEO Michael Colglazier kepada investor mengatakan penerbangan ini akan diluncurkan pada Maret 2021.

Namun kenyataannya baru Branson, akan masuk dalam seri penerbangan uji coba Virgin Galactic ketiga, dijadwalkan akhir tahun ini.

Penerbangan berpenumpang ini berada sekitar 55 mil di atas permukaan bumi, yang memenuhi definisi FAA tentang spaceflight.

Setelah rangkaian uji terbang selesai, layanan komersial perusahaan akan mulai beroperasi. Lebih dari 600 penumpang, termasuk aktor Angelina Jolie dan Tom Hanks, telah memesan penerbangan. Beberapa telah menunggu lebih dari satu dekade sejak pembelian tiket mereka.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Ini