Sukses

Indonesia Ekspor 130 Ton Tisu ke AS hingga Jepang, Wamendag Bangga

Wamendag Jerry Sambuaga melakukan pelepasan ekspor produk tisu PT Sun Paper Source sebesar 130 ton ke Amerika Serikat, Jerman, Jepang, China, dan Australia

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga melakukan pelepasan ekspor produk tisu PT Sun Paper Source sebesar 130 ton ke Amerika Serikat, Jerman, Jepang, China, dan Australia, di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (10/6).

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, Bupati Kabupaten Mojokerto Ikfina Fahmawati, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur Drajat Irawan, serta Presiden Direktur Sun Paper Source Ventje Hermanto.

"Ekspor ini membuktikan Indonesia sebenarnya bisa menghasilkan produk-produk berkualitas yang punya nilai tambah tinggi, sehingga peran Indonesia di level global bisa terus ditingkatkan," jelas Wamendag Jerry dalam pernyataannya, Jumat (11/6/2021).

Diungkapkannya, ekspor produk tisu ini sangat membanggakan. Sebab, produksi ini bukan hanya untuk pasar dalam negeri tetapi juga untuk pasar dunia.

"Ke depan, saya optimistis kita bisa mengambil peran yang lebih signifikan dalam rantai global produk-produk berkualitas. Kita bisa karena kita mempunyai kemampuan dan sumber daya," ujarnya.

Kendati demikian, dia mengakui, perlu adanya diversifikasi ekspor baik dari segi tujuan maupun jenis produk untuk meningkatkan daya saing di kancah global. Salah satunya dilakukan melalui perjanjian perdagangan. Perjanjian perdagangan memberikan insentif, baik dari sisi tarif maupun non tarif terhadap banyak sekali produk ekspor Indonesia.

"Terkait pengembangan pasar ekspor ke Pakistan, kita akan mendorong ekspor tisu ke Pakistan. Kita berharap mendapat tarif 0 persen karena adanya perjanjian perdagangan," ungkap Wamendag.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Pemprov Jawa Timur

Wakil Gubernur Emil E. Dardak sangat mengharapkan dukungan Kemendag dalam peningkatan ekspor. Menurutnya, banyak potensi produk berkualitas yang bisa bersaing di pasar global, salah satunya produk tisu.

"Kami sangat mengharapkan peran Kemendag untuk ikut membantu peningkatan ekspor dari Jawa Timur baik produk hortikultura, kerajinan, maupun produk pangan karena potensinya sangat besar," paparnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT SunPaper Source Ventje Hermanto menyebutkan, pada ekspor kali ini juga disertai dengan mengalirnya permintaan pasar ekspor yang tidak seperti biasanya. Pasalnya, selama ini Sun Paper Source lebih banyak mengekspor tisu dalam bentuk bahan setengah jadi berupa gulungan tisu besar yang akan diproses sendiri oleh manufaktur di negara tujuan ekspor.

Namun, kali ini pesanan juga meliputi produk siap pakai, yakni tisu yang sudah dipotong dan dilipat kemudian dikemas.

"Seiring dengan permintaan pasar global yang terus menunjukkan tren meningkat, kami optimis akan mencapai pertumbuhan yang lebih besar dari tahun lalu dengan menambah kapasitas produksi dan melakukan diversifikasi produk," pungkasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.