Sukses

Ternyata Ini Biang Keladi Keruntuhan Uang Kripto yang Tiba-Tiba

Kemunduran dramatis dalam bitcoin dan mata uang kripto lainnya datang sebagai berita utama dan katalis negatif baru-baru ini.

Liputan6.com, Jakarta Anjloknya bitcoin dan mata uang kripto lain menjadi berita utama di dunia bisnis. Ternyata, salah satu katalis negatif yang menyebabkan hal ini terjadi baru-baru ini, adalah dari CEO Tesla Elon Musk hingga aturan Pemerintah China.

Meskipun, aset kripto memang memiliki volatilitas ekstrim sejak diciptakan. Buktinya, mengutip CNBC, Kamis (20/05/2021), mata uang kripto yang diandalkan oleh cukup banyak orang ini telah jatuh ke posisi terendah lebih dari tiga bulan pada hari Rabu.

Nilainya turun menjadi sekitar USD 30.000 atau susut lebih dari 30 persen. Ether, koin utama jaringan blockchain Ethereum, juga turun tajam hingga posisi USD 2.000. Penurunan mencapai lebih dari 40 persen dalam waktu kurang dari 24 jam.

Penurunan baru-baru ini merupakan pembalikan dari kenaikan dramatis yang dimulai pada paruh kedua tahun lalu. Harga bitcoin masih naik lebih dari 200 persen sejak September.

Kenaikan dramatis yang dipicu sebagian oleh manajer hedge fund, bank, dan perusahaan lain yang tampaknya merangkul penggunaan mata uang kripto.

“[Sudah] lebih banyak orang memiliki kripto. Kripto telah merembes ke dalam kantong di seluruh masyarakat kita dan Anda mengalami pertemuan peristiwa kombinasi Hari Pajak, tweet Elon Musk, yang lainnya, dimana Anda mulai memecah kepositifan dalam aksi harga, dan sekarang kami mengalami likuidasi," ujar Mike Novogratz.

Novogratz adalah CEO dari Galaxy Investment Partners yang berfokus pada investasi mata uang kripto, seperti Bitcoin dan Ethereum.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mundurnya dukungan kelembagaan

Bagian dari alasan kelemahan bitcoin tampaknya setidaknya merupakan pembalikan sementara dalam teori penerimaan yang lebih luas untuk mata uang kripto.

Awal tahun ini, Musk mengumumkan bahwa dia membeli lebih dari US$ 1 miliar untuk neraca keuangannya.

Beberapa perusahaan pembayaran mengumumkan bahwa mereka meningkatkan kemampuan mereka untuk lebih banyak tindakan terhadap mata uang kripto, dan bank-bank besar Wall Street mulai bekerja pada tim perdagangan kripto untuk klien mereka. 

Coinbase, sebuah perusahaan pertukaran mata uang kripto, kemudian go public melalui daftar langsung pada pertengahan April.

Namun, Musk mengumumkan minggu lalu bahwa Tesla tidak akan lagi menerima bitcoin sebagai pembayaran, dengan alasan masalah lingkungan.

Dia menyarankan pada hari Rabu bahwa Tesla tidak menjual kepemilikan bitcoin yang ada, menggunakan emoji di Twitter untuk mengatakan bahwa perusahaan tersebut memiliki "tangan berlian."

Dan Coinbase, yang melonjak di atas USD 400 tak lama setelah perdagangan pertamanya pada 14 April, dengan cepat melepaskan keuntungan itu dan turun mendekati USD 220 per saham pada Rabu pagi. Tanggal pencatatan langsungnya juga merupakan hari tertinggi sepanjang masa bitcoin terbaru.

Selain itu, laporan baru dari JPMorgan mengatakan bahwa, berdasarkan kontrak berjangka, investor institusional tampaknya beralih dari bitcoin dan kembali ke emas. Sebelumnya, bitcoin sering disebut-sebut sebagai pengganti potensial logam tradisional sebagai penyimpan nilai.

3 dari 4 halaman

Perdagangan berisiko

Kelemahan tidak diisolasi dalam kripto sehingga menunjukkan bahwa pergerakan bisa menjadi bagian dari rotasi yang lebih besar oleh investor yang menjauh dari perdagangan yang lebih spekulatif.

Saham teknologi dan pertumbuhan, banyak di antaranya mengungguli pasar yang lebih luas secara dramatis selama pandemi virus corona. Namun, juga mengalami kesulitan dalam beberapa pekan terakhir.

The Ark Innovation ETF, dana saham dengan pertumbuhan tinggi yang dipimpin oleh manajer dana Cathie Wood, turun lebih dari 30 persen dari level tertinggi pada Februari.

Pada Rabu pagi, Nasdaq Composite yang berteknologi tinggi telah jatuh 6,9 persen dari penutupan tertinggi baru-baru ini pada 26 April.  Batasan kecil Russell 2000 juga turun 5,6 persen selama periode yang sama.

Penurunan tersebut juga bertepatan dengan tenggat waktu yang tertunda untuk pembayaran pajak, yang dapat menyebabkan tekanan jual karena investor mencari uang tunai untuk melunasi kewajiban pajak keuntungan penjualan barang modal.

4 dari 4 halaman

Masalah regulasi

Bitcoin dan aset terkait juga mendapat pengawasan yang meningkat dari regulator di seluruh dunia. Itu karena kripto telah tumbuh menjadi bagian yang lebih besar dari pasar keuangan.

“Kami percaya tindakan keras pemerintah terhadap mata uang kripto dapat memicu 'musim dingin kripto' lainnya dan mengurangi aktivitas perdagangan. Tindakan yang lebih keras terhadap kripto dimungkinkan di banyak negara berkembang yang mungkin memandang kripto sebagai ancaman terhadap mata uang dan sistem moneter mereka," kata Harshita Rawat dari Bernstein dalam sebuah catatan.

China, yang mengembangkan mata uang kripto yang dijalankan pemerintah sendiri, menegaskan kembali aturannya terhadap mata uang digital lainnya.

Negara ini melarang perusahaan keuangan menyediakan layanan untuk perdagangan mata uang kripto.

Di AS, Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa yang baru diangkat, Gary Gensler, mengatakan awal bulan ini bahwa menurutnya regulator harus "netral teknologi" tetapi lebih banyak perlindungan konsumen diperlukan di pasar kripto.

Munculnya dogecoin, yang dimulai murni sebagai lelucon sebelum mendapatkan popularitas yang lebih luas dengan bantuan Musk, juga dapat merusak kredibilitas pasar kripto secara keseluruhan. 

Beberapa pergerakan dalam koin yang lebih kecil dan kurang berkembang menunjukkan bahwa pasar bullish kripto terkait dengan kebangkitan perdagangan saham spekulatif daripada peningkatan minat institusional.

Mata uang kripto lainnya yang kurang serius juga telah melihat peningkatan minat dalam beberapa minggu terakhir. Pada hari Senin, pendiri Barstool Sports Dave Portnoy mengumumkan bahwa ia membeli USD 40.000 mata uang kripto yang disebut safemoon, yang ia gambarkan sebagai "s --- coin".

Reporter: Priscilla Dewi Kirana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.