Sukses

Hadapi Lebaran, Pertamina Tambah Pasokan LPG

Liputan6.com, Jakarta Sepekan jelang lebaran, PT Pertamina (Persero) menambah pasokan Liquid Petroleum Gas (LPG) sebesar 3 persen, dari penyaluran harian rata-rata sebesar 26.911 Metrik Ton (MT) naik menjadi 27.696 MT.

Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan agen dan pangkalan LPG Pertamina di seluruh Indonesia telah siap menghadapi kenaikan permintaan LPG menjelang perayaan Idul Fitri 1442 H.

“Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) Pertamina 2021 telah siaga 24 jam untuk melayani kebutuhan LPG, baik PSO maupun Non PSO. Stok LPG secara nasional juga dalam kondisi aman,” ujar Fajriyah, Senin (10/5/2021).

Menurut Fajriyah, Pertamina telah menyiagakan 3.531 Agen PSO Siaga, 723 Agen NPSO Siaga dan 45.500 Pangkalan PSO Siaga di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

“Selain menyiagakan Agen dan Pangkalan, Pertamina juga menyediakan Layanan Delivery Service (Pertamina Delivery Service - PDS) untuk memudahkan konsumen memesan Bright Gas melalui Call Center Pertamina,” imbuh Fajriyah.

Pertamina juga memberikan berbagai promo menarik untuk pelanggan setianya dalam bentuk program tukar LPG 3 Kg ke tabung Bright Gas dengan hanya membayar biaya isi ulangnya saja. Sehingga pelanggan menghemat biaya tabung hingga Rp. 135.000. Ikuti promonya yang berlaku hingga 31 Mei 2021.

Pelanggan Pertamina dapat menghubungi PDS 135, Whatsapp melalui nomor 0811-1350-135, dan website https://pds135.com terkait promo ini.

2 dari 3 halaman

Pertamina RU Balikpapan Siapkan Pasokan Jelang Lebaran

 Pertamina RU Balikpapan siap mendukung kesiapan dan kelancaran pemenuhan Bahan Bakar Minyak menjelang libur Idul Fitri. Demikian disampaikan oleh General Manager RU Balikpapan Eko Sunarno (Senin, 10/05).

Eko menyampaikan bahwa kesiapan RU Balikpapan dilakukan dengan membentuk tim satuan tugas pengendalian dan pemantauan kelancaran produksi dan penyaluran BBM dan LPG menjelang dan pasca Idul Fitri Tahun 2021.

"Tim ini sudah mulai bertugas H-14 hingga nanti H+14 Idul Fitri tahun 2021," katanya.

Walau tahun ini Pemerintah telah mengeluarkan aturan larangan mudik, Pertamina RU Balikpapan menurut Eko, tetap berkoordinasi dan siap mendukung Pertamina MOR untuk memenuhi kebutuhan konsumen terutama di Kalimantan dan Indonesia bagian Timur.

"Koordinasi dengan Pertamina MOR yang bertugas menghantarkan BBM ke konsumen terus dilakukan secara intensif sehingga tugas Pertamina Group dapat dilaksanakan secara tuntas, mengolah dan memastikan BBM diterima di konsumen," ujar Eko.

"Pertamina juga mengikuti ketentuan dari Pemerintah untuk pekerja tidak mengambil cuti Idul Fitri. Oleh karena itu, operasional Kilang dipastikan akan berjalan seperti biasa," kata Eko.

Eko menjelaskan bahwa ada 3 poin utama yang akan dipersiapkan.

"Dalam menghadapi libur Idul Fitri ini ini, saya meminta tim untuk memastikan 3 hal utama yaitu kesediaan bahan baku berupa minyak mentah, selanjutnya kehandalan kilang serta yang terakhir memastikan bahwa BBM tersebut dapat terkirimkan ke titik serah di Pertamina Pemasaran baik melalui jalur pipa maupun kapal," jelasnya.

Eko juga menyampaikan bahwa operasional kilang saat ini berjalan normal dan tidak ada kendala termasuk fasilitas pendukungnya, sehingga produksi BBM tetap berjalan dengan baik. Termasuk juga optimalisasi pekerja di Kilang.

"Rata-rata pengolahan di bulan Mei ini dan diprediksi akan sama dengan bulan sebelumnya di angka 210 ribu barrel per hari," katanya.

Dalam menjalankan tugas ini, Eko mengharapkan juga dukungan dari para pemangku kepentingan. "Dukungan sangat kami harapkan dari masyarakat di sekitar kilang, Pertamina Group, Aparat Keamanan, KSOP dan semua pihak yang terkait dengan operasional kilang," harapnya.

"Semoga semua berjalan kondusif, dan bagi masyarakat yang merayakan idul fitri dapat beraktivitas dengan lancar, tertib dan tetap taat protokol kesehatan. Mewakili perusahaan saya juga menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa dan sebentar lagi kita akan menyambut Idul Fitri," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: