Sukses

Beberapa Pekan Sebelum Cerai dari Bill Gates, Melinda Gates Beli Rumah Rp 17,3 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Sebelum kabar perceraiannya diumumkan ke publik Senin kemarin, Melinda Gates kabarnya telah membeli sebuah hunian mewah yang tidak jauh dari tempat tinggal lamanya dengan Bill Gates di kota Seattle, negara bagian Washington, Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari Business Insider, Sabtu (9/5/2021), dalam sebuah dokumen resmi perjanjian pembelian properti yang diungkap media, Melinda diketahui membeli sebuah hunian di wilayah North Broadway. Lokasi ini tidak jauh dari rumah mewahnya dengan Bill Gates di Medina, Seattle.

Hunian tersebut dibelinya pada awal April, seharga USD 1,2 juta atau sekitar Rp 17,3 miliar. Rumah ini memiliki empat kamar tidur dan dua kamar mandi.

Kurang dari sebulan pasca pembelian rumah baru itu, Melinda mengumumkan kabar perceraiannya. Sang mantan suami, Bill Gates yang pertama kali mengungkapnya ke publik lewat akun twitter resminya @BillGates.

"Setelah mempertimbangkan banyak hal dalam hubungan kami, kami telah membuat keputusan untuk mengakhiri pernikahan kami," tulis pernyataan resmi mereka.

"Selama 27 tahun terakhir, kami telah membesarkan tiga anak yang luar biasa dan membangun fondasi untuk di seluruh dunia yang memungkinkan semua orang menjalani kehidupan yang sehat dan produktif, " tambah dia.

Mereka memulai rumah tangganya sejak tahun 1994, setelah beberapa tahun menjalin hubungan. Setelah 27 tahun pernikahan, keduanya dikaruniai dua orang putri dan seorang putra.

Meski memutuskan berpisah, keduanya menyebut masih akan bekerja secara profesional sebagai mitra untuk mengelola yayasan filantropinya, Bill and Melinda Gates Foundation.

Yayasan ini telah menyalurkan miliaran dolar untuk berbagai aksi sosial, mulai dari peluncuran vaksin hingga penanganan masalah perubahan iklim.

2 dari 3 halaman

Rumah Mewah Bill Gates dan Melinda

Sebelum memutuskan berpisah, pasangan orang terkaya dunia ini tinggal bersama di sebuah rumah mewah di tepi danau Washington, yang letaknya strategis di tengah kota Seattle.

Rumah mewah ini dijuluki Xanadu 2.0, yang harganya ditaksir mencapai USD 127 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun.

Rumah itu dibangun dengan pohon cemara Douglas berusia 500 tahun, dan 300 pekerja konstruksi bekerja di rumah, 100 di antaranya adalah tukang listrik.

Sebagian besar fasilitas di rumah mereka dibuat dengan kapasitas ekstra. Terdiri atas 6 dapur, garasi dengan kapasitas tampung 23 mobil, perpustakaan lebar dengan sebuah koleksi buku kuno karya Leonardo da Vinci, dan 24 kamar mandi.

Rumah tersebut juga dilengkapi sebuah lapang untuk pesta, yang bisa dipakai untuk acara makan malam dengan kapasitas 150 orang.

Karena lokasinya yang berada di tepi danau, rumah ini juga dilengkapi pantai buatan. Yang mana pasir di tepi danau itu didatangkan langsung dari Karibia.

Sebagai bos raksasa teknologi, tidak mengherankan jika Gates dan Melinda juga menyematkan sistem teknologi canggih di huniannya.

Saat tamu tiba, mereka diberi pin yang berinteraksi dengan sensor yang ada di seluruh rumah. Xanadu 2.0 juga dilengkapi pendeteksi suhu untuk setiap orang yang datang. Terdapat juga speaker yang tersembunyi di balik wallpaper, yang memungkinkan musik mengikuti tamu dari ruangan ke ruangan.

Terdapat sejumlah layar yang dipasang di beberapa sudut rumah, yang memungkinkan pengunjung mengganti gambar walpaper yang mereka inginkan. Diperkirakan harga layar tersebut mencapai USD 80.000 atau sekitar Rp 1,1 miliar.

 Reporter: Abdul Azis Said

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini