Sukses

PLN Berhasil Nyalakan Listrik di 6 Wilayah NTT yang Terdampak Banjir

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) berhasil menyalakan kembali seluruh kelistrikan terdampak banjir di enam Kabupaten dan Kota di NTT. Keenam wilayan tersebut adalah Kabupaten Manggarai, Kabupaten Manggara Timur, Kabupaten Sumbe Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Sikka dan Kabupaten Flores Timur, NTT.

"Kami targetkan akan terus meningkat seiring adanya tambahan personil dari PLN Group yang datang ke NTT untuk membantu pemulihan," tulis keterangan di Instagram resmi @pln_ntt, Minggu (11/4/2021).

Untuk memastikan percepatan recovery kelistrikan di NTT, Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda memimpin secara langsung jalannya proses pemulihan kelistrikan di NTT.

PLN telah mengerahkan sebanyak 723 personel Sebanyak 163 personil di antaranya berasal dari luar Wilayah NTT yaitu dari Maluku, Makassar, Papua Barat, Jawa Timur, Bali, dan NTB dan akan datang lagi dari Jawa Tengah, Banten, Jawa Barat dan Jakarta.

Dengan demikian, PLN terus melakukan berbagai daya dan upaya untuk memulihkan kelistrikan di NTT yang terdampak siklon seroja yang menyebabkan aliran listrik di sana terganggu.

PLN terus mengimbau kepada masyarakat untuk bersabar dan apabila ada gangguan kelistrikan dapat melapor pada aplikasi PLN Mobile dan Call Center 123.

2 dari 3 halaman

PLN Pulihkan 1.005 Gardu Listrik di NTT yang Diterjang Badai Seroja

Sebelumnya, PT PLN (Persero) telah memperbaiki 1.005 gardu dan kembali menyalurkan aliran listrik kepada lebih dari 142 ribu pelanggan. Data tersebut merupakan laporan terbaru pada pukul 12.00 WITA. 

Untuk diketahui, ribuan gardu listrik PLN terimbas cuaca ekstrem di beberapa daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Setelah kami pastikan kondisi pelanggan aman, kami mulai mengalirkan listrik ke rumah warga. Pararel kami terus percepat perbaikan tower miring dan jaringan yang rusak akibat diterjang badai seroja," ujar selaku General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko dalam keterangannya, Rabu (7/4/2021).

Jaringan listrik di sejumlah wilayah dilaporkan sudah menyala, diantaranya Oepoi, Cak Doko, dan sebagian BTN Kolhua, Kabupaten Sumba Barat, Sumba Jaya, Ende, Ngada, Sikka, Flores Timur, dan bertahap pulih di Kabupaten Lembata, Sumba Timur.

Selain itu PLN juga masih berupaya untuk bisa menembus wilayah yang masih belum bisa diakses.

"Salah satu kendala dilapangan yakni banyaknya daerah yang masih belum bisa ditembus petugas karena aksesnya rusak, kami kerahkan 442 personil yang kami sebar demi percepatan pemulihan kelistrikan," ungkap Jatmiko.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: