Sukses

Harga Minyak Turun Dipengaruhi Komitmen OPEC Tambah Produksi

Harga minyak turun tipis dalam perdagangan berkisar pada hari Jumat

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak turun tipis dalam perdagangan berkisar pada hari Jumat di tengah meningkatnya pasokan dari produsen utama dan kekhawatiran atas gambaran beragam tentang dampak pandemi COVID-19 pada permintaan bahan bakar.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (10/4/2021), harga minyak mentah berjangka Brent untuk Juni turun 25 sen menjadi menetap di USD 62,95 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk Mei ditutup 28 sen, atau 0,47 persen, lebih rendah pada USD 59,32 per barel.

Kedua kontrak berada di jalur penurunan 2-3 persen minggu ini tetapi masih jauh dari level terendah USD 60,47 yang dicapai dua minggu lalu.

Tekanan ke bawah telah diberikan oleh keputusan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC +, untuk meningkatkan pasokan sebesar 2 juta barel per hari antara Mei dan Juli.

"Prospek permintaan minyak yang menguntungkan sebagian besar diimbangi oleh perkiraan peningkatan produksi OPEC + yang bisa mendekati 2 juta barel per hari pada akhir Juli," kata Jim Ritterbusch, presiden Ritterbusch and Associates di Galena, Illinois.

Sementara itu pengebor AS mempertahankan jumlah rig minyak tidak berubah minggu ini, perusahaan jasa energi Baker Hughes Co mengatakan pada hari Jumat, dengan analis memperkirakan lebih banyak rig diperlukan untuk menjaga produksi tetap stabil.

Penguncian yang diperbarui di beberapa bagian dunia dan masalah dengan program vaksinasi dapat mengancam gambaran harga minyak.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi Harga Minyak

Stephen Innes, kepala strategi pasar global di Axi, mengatakan harga minyak diperkirakan diperdagangkan dalam kisaran antara $ 60 dan USD 70 karena investor mempertimbangkan faktor-faktor ini.

“Ada dorongan nyata di pasar berdasarkan akselerasi vaksinasi, peningkatan produksi, dan penguncian baru, itulah sebabnya kami bergerak ke samping,” kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC di New York.

Pembicaraan untuk membawa Iran dan Amerika Serikat kembali sepenuhnya ke dalam kesepakatan nuklir 2015 sedang membuat kemajuan, kata delegasi pada hari Jumat, tetapi para pejabat Iran menunjukkan ketidaksepakatan dengan Washington mengenai sanksi mana yang harus dicabut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.