Sukses

Bappenas Buka-bukaan Soal Desain Burung Garuda Istana Negara di Ibu Kota Baru

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian PPN/Bappenas angkat bicara soal bentuk burung Garuda sebagai desian Istana Negara di Ibu Kota Baru. Desian Karya I Nyoman Nuarta tersebut sebelumnya viral dan menuai kontroversi.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata menyatakan desain Istana Negara saat ini memasuki tahap gagasan awal.

“Desain Istana Negara Ibu Kota Negara baru yang berbentuk Garuda tersebut adalah rancangan biro arsitek Nuart yang dimiliki Nyoman Nuarta," kata dia dalam keteranga tertrulis di Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Dia menegaskan proses desain Istana Negara di Ibu Kota Baru hingga saat ini masih terus bergulir. Pemerintah juga membuka ruang diskusi mengenai konsep desain Istana Negara tersebut.

"Sepertinya desain tersebut (desain Istana Negara) merupakan gagasan awal yang dapat diperdalam dan didiskusikan bersama para ahli di bidang arsitektur dan perencana,” ungkap Deputi Rudy.

2 dari 4 halaman

Viral Desain Burung Garuda Istana Negara di Ibu Kota Baru, Ini Kata Pemerintah

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah akan mulai membangun Istana Presiden di lokasi tempat ibu kota baru dengan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) di proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur pada 2021 ini.

Pemerintah juga telah mengumpulkan berbagai ide desain ibu kota baru, termasuk istana presiden dengan menggelar Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara pada 2020 lalu.

Sejumlah desain istana presiden mulai terpampang di ranah media sosial. Seperti Astana Indonesia Raya ciptaan kelompok Nagara Rimba Nusa yang keluar sebagai pemenang I dan istana negara dengan desain burung Garuda karya I Nyoman Nuarta yang menuai kontroversi.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti, mengatakan pemerintah belum memutuskan mana desain final ibu kota baru dan istana presiden.

Diana menyatakan, pemerintah masih mempersiapkan desain final tersebut yang nantinya akan dituangkan dalam Undang-Undang Ibu Kota Negara (UU IKN).

"Kami sedang proses UDD menindaklanjuti sayembara dulu dan memfinalkannya. Untuk istana masih ide desain," kata Diana kepada Liputan6.com, Selasa (30/3/2021).

Begitu juga dengan proses groundbreaking pembangunan ibu kota baru dan Istana Negara, yang masih menanti penerbitan UU IKN. "Itu menunggu UU IKN terbit," ujar Diana singkat. 

3 dari 4 halaman

Pemerintah Segera Bangun Istana Presiden di Ibu Kota Baru, Seperti Apa Bentuknya?

Pemerintah mulai membangun Istana Presiden di lokasi tempat ibu kota baru dengan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pada 2021. Hal tersebut disampaikan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI belum lama ini

"Insya Allah kita berharap tahun ini kita bisa meletakan batu pertama. Kita lakukan groundbreaking di ibu kota negara," kata Suharso, dikutip Selasa (30/3/2021).

Saat ini, desain ibu kota baru beserta istana kepresidenan di Kalimantan Timur tengah dipersiapkan. Pemerintah juga telah mengumpulkan berbagai ide desain ibu kota baru dengan menggelar Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara pada 2020 lalu.

Kelompok Nagara Rimba Nusa keluar sebagai Pemenang I berbagai ide desain ibu kota baru dan istana presiden dengan menggelar Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara. Desain karya buatannya juga telah dipublikasikan secara luas di ranah digital.

Lalu, seperti apa desain ibu kota baru dan istana presiden?

Mengutip siaran video YouTube Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Sekretariat Kepresidenan, Nagara Rimba Nusa menampilkan konsep perkotaan yang terinspirasi dari alam Nusantara, meliputi air dan kepulauan.

Untuk istana presiden, terlihat desain gedung bernama Astana Indonesia Raya, yang memiliki atap menjulang lancip ke atas, dengan lambang Burung Garuda di tengahnya.

Tiang dan bendera Merah Putih juga terlihat di depan rancangan desain bangunan tersebut. Sementara sebuah danau kecil dan kawasan terpampang di halaman belakang istana presiden.

Namun, desain ini tampaknya belum hasil final yang ditetapkan pemerintah. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, pemerintah membuka kemungkinan untuk mengkolaborasikan desain karya dalam Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibu Kota Negara.

"Ini bukan desain final. Kita akan ke lapangan dulu untuk melihat apakah desain bisa diimplementasikan. Mungkin ada fine tuning di sana," jelasnya. 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: