Sukses

BUMDes jadi Motor Penggerak Ekonomi Desa

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) konsisten untuk mendorong sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas, merangkul pelaku UMKM di Desa, dan menjadikan sentra produksi nasional.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi membuat semua sektor harus berjalan pelan. Alhasil, banyak bisnis dan usaha harus gulung tikar karena merugi. Melihat hal itu, pemerintah mengimbau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk terjun ke dunia online. Dengan begitu, roda perekonomian bisa berjalan dengan stabil.

Untuk menjalankan hal itu, diperlukan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa – desa.

Melihat hal itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) konsisten untuk mendorong sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas, merangkul pelaku UMKM di Desa, dan menjadikan sentra produksi nasional.

Program itu adalah Desa BRIlian. Program tersebut memberikan kesempatan kepada desa-desa di Indonesia untuk menjadi percontohan karena bisa dianggap tanggap, tangguh, dan selalu berinovasi.

Setidaknya terdapat lebih dari 500 desa yang telah diseleksi oleh Bank BRI bersama kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa). Pada tahun 2020, dari seleksi itu, terdapat 125 desa yang memenuhi kriteria ikut pelatihan dan peningkatan kapasitas Desa.

Pada program tersebut BRI melakukan pendampingan, pelatihan, dan mengenalkan literasi keuangan digital. Bicara pemberdayaan Desa, BRI mengembangkan ekosistem desa yang dibangun melalui 4 pilar. Mulai dari perangkat desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMdes(, UMKM desa dan pasar.

Untuk BUMDES, pilar pengembangan ekonomi desa idealnya BUMDes dapat menjadi pusat produksi dan distribusi ekonomi di desa.  Maka dari itu, melalui pengembangan BUMDES, akan menjadi wadah bagi UMKM untuk menjadi social enterprise dan membangkitkan UMKM dan usaha kecil di desa.

Jadi, bisa dibilang BUMDES bakal melahirkan UMKM yang produktif, dan mampu membuka lapangan kerja bagi warga desa. Selain itu, dengan mengembangkan BUMDes, BRI mengakuisisi BUMDes melalui agen branchless banking, atau bisa dikenal dengan Agen BRILink.

Adanya Desa BRILian mendukung pembangunan berkelanjutan di desa dengan mengandalkan BUMDes sebagai penggerak utamanya. Melalui pendampingan dan kolaborasi yang dilakukan, diharapkan BUMDes dan masyarakat desa akan semakin mudah dalam mengakses layanan keuangan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.