Sukses

Sudah Berpikir Pensiun, Ini Cara Menabung yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu berpikir bahwa usai pensiun harus ngapain? Atau bagaimana mendapatkan penghasilan setelah pensiun? Jika sudah terpikirkan, berarti belum terlambat menyesal pensiun kamu akan sia – sia. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyisihkan penghasilan dari sekarang agar menabung untuk dana pensiun. Berikut tips menabung pensiun anti gagal.

Mulai dari sekarang

Ini adalah hal yang paling penting ketika kamu mau menabung pensiun. Kamu perlu memulai dari sekarang dan jangan ditunda-tunda. Setidaknya, kamu perlu menyisihkan uang penghasilan untuk menabung. Setidaknya, 10 – 20 persen setiap bulannya. Kamu juga bisa menabung Rp 50 ribu per hari untuk menabung pensiun.

Susun budget

Menyusun budget merupakan hal terpenting dalam menabung pensiun. Dengan menyusun budget, kamu juga perlu hidup hemat. Untuk menjalaninya, kamu cukup hitung penghasilan dan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan. Lalu, jumlahkan sisa dari itu bisa digunakan untuk menabung dana pensiun.

Potong pengeluaran yang tidak perlu

Dengan menjalani hidup hemat, kamu juga perlu memotong pengeluaran yang tidak perlu. Sebagai contoh, jika kamu punyai biaya untuk hangout, kamu bisa potong biaya tersebut. Selain itu, jika kamu tidak membutuhkan sesuatu barang, lebih baik jangan membelinya.

Punya usaha lain

Penghasilan tak harus dari pekerjaan. Kamu juga bisa memulai usaha kecil-kecilan agar mendapatkan pemasukan lebih. Nah, penghasilan itu bisa menambah tabungan pensiun kamu lho.

Agar hitunganmu akurat, kamu bisa menggunakan aplikasi penghitungan pemasukan dan pengeluaran. Dengan aplikasi itu, kamu tak perlu repot-repot membuat dalam satu buku catatan. Cukup buka smartphone, data pengeluaranmu terlihat dengan jelas.

Yuk, nabung pensiun dari sekarang!

 

(*)