Sukses

Terungkap, Alasan Erick Thohir Tunjuk Ketum PBNU Said Aqil Siradj jadi Komut PT KAI

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj ditunjuk sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT KAI.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak susunan direksi PT kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI. Dalam perombakan ini, Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj ditunjuk sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen.

Penunjukkan tersebut dinilai tepat karena sosok Said Aqil merupakan tokoh agama yang dapat membantu BUMN menyampaikan nilai-nilai kebangsaan dengan baik.

"Kita memang butuh tokoh ummat di KAI dan BUMN, sehingga nanti akan semakin membantu BUMN, jadi beliau bisa membangun nilai kebangsaan di BUMN karena beliau ulama besar," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dalam pernyataannya kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Tidak hanya itu, Arya mengatakan jika Said Aqil juga memiliki pengalaman mengelola bisnis dan perusahaan. Ternyata, Said Aqil juga menjabat sebagai komisaris utama di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (ICDX).

"Kiai Aqil Said itu kan komisaris utama ICDX, komisarisnya komoditi dan derivatif. Jadi beliau sudah punya pengalaman yang banyak mengenai bisnis itu, bukan sesuatu yang baru, beliau paham bagaimana jalannya sebuah market perusahaan dan sebagainya," tandasnya.

Sebagai informasi, posisi Komisaris Utama di KAI sebelumnya diisi oleh Jusman Syafii Djamal. Dengan adanya perombakan ini, maka demikian susunan komisaris KAI yang baru:

1. Prof Dr KH Said Aqil Siraj (Komut merangkap Komisaris Independen)

2. Riza Primadi (Komisaris Independen)

3. Rochadi (Komisaris Independen)

4. Diah Nataliza (Komisaris)

5. Chairul Anwar (Komisaris)

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketum PBNU Said Aqil Siradj Diangkat Jadi Komisaris Utama PT KAI

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak susunan direksi PT kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI.

Dalam perombakan ini, Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj ditunjuk sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen.

Sebelumnya, posisi Komisaris Utama PT KAI dijabat oleh Jusman Syafii Djamal.

Selain itu, dalam perombakan tersebut juga ditunjuk Riza Primadi yang seorang konsultan komunikasi untuk menduduki posisi Komisaris Independen.

Riza Primadi pernah menjadi staf khusus Menteri BUMN Rini Soemarno. Selain itu, Riza juga pernah menjadi pelatih debat Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Doakan agar saya lancar dan amanah dalam menjalankan tugas," ungkap Riza kepada Liputan6.com, Rabu (3/3/2021).

Berikut ini susunan lengkap Dewan Komisaris PT KAI:

1. Prof Dr KH Said Agil Siroj (Komut merangkap Komisaris Independen)

2. Riza Primadi (Komisaris Independen)

3. Rochadi (Komisaris Independen)

4. Diah Nataliza (Komisaris)

5. Chairul Anwar (Komisaris).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.