Sukses

3 Tips Sukses Melamar Pekerjaan Jarak Jauh dari Ahli

Liputan6.com, Jakarta Hampir genap setahun pandemi Covid-19 melanda dunia. Sejak awal masa tersebut, para karyawan di hampir seluruh negara beralih bekerja dari rumah.

Bahkan tak sedikit pula yang terkena PHK di perusahaan. Jika saat ini Anda mencari pekerjaan baru lagi, kemungkinan juga masih akan tetap bekerja dari rumah.

Menurut salah satu survei yang dilakukan platform freelancing Upwork, dari 1.000 pemiliki usaha kecil, manajer SDM, CEO, dan para pemimpin perusahaan mungkin akan memberlakukan bekerja dari rumah hingga akhir 2021.

Terlebih lagi ketika ada sebuah layanan yang mampu membantu seseorang menemukan pekerjaan yang bisa dilakukan jarak jauh.

Di samping banyaknya peluang untuk bekerja jarak jauh, Reynolds juga menambahkan ada banyak beragam industri yang berpeluang mencari posisi yang tepat.

Sebut saja, orang yang ahli di bidang komputer dan TI, medis dan kesehatan, manajemen proyek, penjualan, akuntansi dan keuangan, bidang pelayanan dan pemasaran.

Diprediksi, para pekerja jarak jauh akan jauh lebih turun dan berfluktuasi sepanjang 2021 ini, berkat adanya vaksin.

Akan tetapi volume pekerja jarak jauh bisa lebih besar untuk tetap menjadi bagian dunia kerja selama lima atau sepuluh tahun ke depan.

Untuk itu, simak tips yang bisa dilakukan setiap orang jika ingin mendapatkan pekerjaan jarak jauh, menurut Manajer Pengembangan Karier dan Pelatih FlexJobs, Brie Reynolds seperti mengutip CNBC, Jumat (19/2/2021).

1. Bikin resume pengalaman bekerja jarak jauh

Reynolds menyarankan untuk membuat sebuah ringkasan kecil atau menuliskannya pada resume pekerjaan apa yang dilakukan selama setahun ke belakang khususnya pada masa pandemi.

Selain itu, Anda juga bisa menjelaskan atas keberhasilan yang diperoleh mengenai pekerjaan yang dilakukan meski itu dilakukan dari rumah.

Selain itu, Anda juga bisa menyebutkan segala pencapaian bahkan tugas yang sudah dikerjaan melebihi tugas pokok Anda.

 

2 dari 3 halaman

2. Sebut keterampilan unggul yang dimiliki

Saat perekrutan pekerja, jangan lupa untuk menyebutkan berbagai keterampilan yang Anda miliki. Anda bisa mengatakan bahwa memiliki keterampilan di bidang komunikasi, mampu bekerja individu atau tim dengan sangat baik, fokus terhadap tugas, dan menguasai digital, jika memang pada kenyataannya seperti itu.

Karena di masa pandemi, di mana segala aktivitas berbeda dari biasanya, paling tidak Anda memiliki komunikasi yang baik. Selain beberapa hal tadi, mungkin Anda juga bisa menyebutkan segala pengalaman yang pernah dialami sebelumnya.

3. Cari tahu perusahaan yang bisa bekerja jarak jauh

Anda bisa mencari tahu informasi di perusahaan yang Anda inginkan, apakah bisa bekerja jarak jauh atau tidak. 

Mungkin Anda bisa mendapatkan melalui pengumuman perusahan yang disebarkan. Cari tahu pula kebijakan apa yang dilakukan perusahaan terhadap karyawan ketika mempekerjakan karyawan jarak jauh.

Jika perusahaan telah megisyaratkan adanya kemudahan untuk bekerja jarak jauh, selanjutnya Anda bisa bertanya lebih lanjut bahkan bernegosiasi ketika wawancara.

Itu penting sebelum Anda bekerja di perusahaan tersebut. Jika mungkin Anda mengiraukan, secara asal mendaftar kerja, mungkin akan kaget ketika pekerjaan tersebut ternyata dilakukan harus dari kantor, bukan jarak jauh.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Ini