Sukses

Kamar Mandi Saksi Sara Blakely Sukses Bangun Bisnis Pakaian Bernilai Miliaran Dolar

Blakely membangun Spanx sejak tahun 1998. Dia mendirikan usaha dengan uang tabungan yang hanya USD 5.000.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki lika liku perjalanan berbeda-beda dalam menggapai impian. Begitulah dikatakan salah satu pendiri sekaligus CEO Spanx Sara Blakely, yang kini sukses membangun bisnis pakaian bernilai miliaran Dolar AS.

“Ini tentang tindakan. Ini bukan tentang bagaimana cara berpikir tentang banyaknya uang, atau pengalaman,” ujar dia dalam postingan Instagram.

Melansir laman CNBC, Rabu (6/1/2021), pada dua dekade lalu, Blakely hanyalah seorang gadis biasa yang bekerja harian.

Saat itu, dia tidak memiliki banyak uang, pengalaman, atau bahkan pengetahuan tentang industri yang kini dijalankan. Namun, dia memutuskan untuk membangun bisnis dengan tekad yang kuat.

Blakely membangun Spanx sejak tahun 1998. Dia mendirikan usaha dengan uang tabungan yang hanya USD 5.000. Tabungan tersebut dia dapatkan dari hasil penjualan mesin faks.

Tanpa memiliki latar belakang dalam dunia desain, bisnis atau manufaktur, Blakely akhirnya berhasil mendirikan Spanx yang kini menjadi salah satu merek pakaian benilai miliaran dolar. Spanx sendiri merupakan sebuah perusahaan pakaian Amerika yang didirikan di Atlanta, Georgia.

Banyak perjalanan yang dilalui Blakely. Dia bercerita pernah putus asa saat berjuang mendapatkan dana yang cukup untuk bisnisnya. Dia harus berjuang sendiri demi membangun Spanx bisa menjadi pengecer terbesar seperti sekarang ini.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berawal dari Kamar Mandi

Blakely pernah mempromosikan barang usaha kepada pembeli dan salah satu store di AS. Promosi itu ia lakukan di kamar mandi.

Setelah berulang kali menghubungi Neiman Marcus, salah satu department store mewah Amerika Serikat yang dimiliki Neiman Marcus Group. Dia berharap usahanya tergabung dengan Neiman Marcus. Selama pertemuan yang dilakukan di kamar mandi itu pun, Blakely menunjukkan bagaimana dan apa itu Spanx.

“Di pertemuan saya dengan perwakilan Neiman Marcus saya sadar hanya memiliki satu kesempatan itu. Jadi saya berkata, ‘Maukah Anda ikut saya ke kamar mandi?’, pewakilan Neiman hanya berhenti dan berkata, ‘Maaf?’.

Kemudian saya menjawab lagi, ‘Saya tahu ini sedikit aneh, tapi maukah kamu ikut denganku ke kamar mandi? Saya ingin menunjukkannya produk kepada Anda.’,” jelas Blakely pada Guy Raz selama episode “How I Built This” pada 2016.

Kemudian, “Saya memakai produk Spanx dan keluar. Perwakilan Neiman Marcus menatap saya dan dia berkata ‘Wow, keren!’,” ujarnya.

Begitulah salah satu cara Blakely dapat mempromosikan produk usahanya. Dia pun berkata di akun Instagramnya bahwa dengan Spanx, Blakely bisa dengan mudah untuk terus bermimpi, berharap, dan berharap. Dia mulai melakukannya dengan cara seperti itu hingga kini semua itu telah mengalami perubahan.

Akhirnya kini Blakely merupakan seorang pengusaha wanita yang berasal dari Amerika Serikat. Wanita yang memiliki nama asli Sara Treleaven Blakely itu telah memiliki kekayaan hingga USD 610 juta, menurut data Forbes.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.