Sukses

Vaksinasi Covid-19 Bantu Ekonomi Bangkit Perlahan di 2021

Liputan6.com, Jakarta - Program vaksinasi Covid-19 dinilai akan membantu proses pemulihan perekonomian nasional pada tahun ini. Perekonomian secara bertahap akan kembali bangkit.

"Tahun ini, perekonomian Indonesia diperkirakan akan membaik mengikuti meredanya pandemi Covid-19," ungkap ekonom dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Piter Abdullah, saat di hubungi Liputan6.com, Senin (4/1/2021).

Ia menjelaskan, keberadaan vaksin dan akan dimulainya vaksinasi dapat membantu percepatan terjadinya herd immunity. Hal ini kemudian membantu menurunkan kasus penularan Covid-19, dan pandemi mulai mereda.

"Ketika pandemi mereda, perekonomian secara bertahap akan kembali bangkit," tutur Direktur Riset CORE Indonesia tersebut.

Kementerian Kesehatan (Kemenkesehatan) Sebelumnya mengungkapkan, membutuhkan waktu 15 bulan untuk program vaksinasi Covid-19 di Tanah Air. Terhitung sejak Januari 2021 hingga Maret 2022.

2 dari 4 halaman

Efektivitas dan Penyaluran Vaksin

Hal senada disampaikan ekonom makroekonomi dan pasar keuangan LPEM FEB UI, Teuku Riefky. Ia mengatakan, perekonomian Indonesia akan bisa kembali pulih pada tahun ini secara bertahap. Namun dengan catatan, jika memang vaksin tersebut terbukti efektif dan penyalurannya berjalan dengan baik.

"Dampak vaksinasi tentu ada untuk pertumbuhan ekonomi, artinya kalau memang vaksin itu efektif dan penyalurannya baik. Hal ini berdampak positif karena masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas ekonomi seperti biasa," kata Riefky.

Kendati demikian, Riefky mengungkapkan tidak begitu yakin implementasi vaksin akan berjalan dengan lancar. Meski vaksin akan membantu pemulihan ekonomi, menurutnya, itu bukan satu-satunya yang saat ini dapat membantu pemulihan ekonomi.

"Ekonomi memang akan bisa pulih secara perlahan, tapi ada aspek-aspek lain yang lebih krusial yaitu stimulus dan bansos dari pemerintah harus tetap dijaga," jelasnya.

(Din)

3 dari 4 halaman

Infografis Ekonomi Indonesia di Tengah Wabah Corona

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: