Sukses

6 Tips Tidak Bokek Sebelum Akhir Bulan

Jika uang Anda selalu habis sebelum gaji diterima, cobalah tips ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat hari gajian kantor tiba, rekening akan terasa penuh. Akhirnya Anda memiliki uang untuk membeli beberapa kebutuhan dan keinginan yang sempat tertunda atau memanjakan diri dengan makan malam dan ke salon langganan.

Tetapi jika nantinya diri Anda kehabisan uang, pasti itu karena menghabiskan terlalu banyak pada hari gajian. Alhasi, muncul kekhawatiran di kemudian hari tentang bagaimana membayar tagihan.

Bila kondisi ini terjadi, artinya Anda memiliki masalah pada penganggaran dan arus kas. Melansir dari The balance, berikut tips yang harus dilakukan, dengan membuat strategi agar tidak kehabisan uang sebelum akhir bulan. Apa itu?

1. Bagi Anggaran Gaji Bulanan

Gaji bulanan bisa menjadi awal dari semua tantangan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membagi anggaran bulanan menjadi jumlah mingguan.

Periksa tanggal jatuh tempo semua tagihan bulanan yang harus dibayar. Tagihan tidak harus dibayar pada hari pertama setiap bulan. 

Bagilah semuanya dalam jadwal mingguan : minggu pertama, minggu kedua, minggu ketiga, dan minggu keempat. 

Idealnya, gaji bulanan cukup untuk menutupi setiap segmen saat Anda membagi pendapatan menjadi beberapa kuartal. Apa yang tersisa setelah membayar tagihan rutin yang harus dibayar adalah apa yang dapat dihabiskan minggu itu untuk berbelanja hal lain.

2. Berurusan Dengan Gaji Semi-Bulanan

Jika gaji dibayar dua kali sebulan atau setiap dua minggu sekali, Anda mungkin pernah mengalami saat-saat ketika hampir tidak mendapatkan uang dari gaji, dan saat memiliki banyak uang tambahan.

Misalnya, sisihkan setengah pembayaran sewa atau hipotek dan setengah biaya utilitas di setiap gaji. Anda dapat meminta uang secara otomatis ditransfer ke rekening tabungan, jadi tidak  akan tergoda untuk membelanjakannya.

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Metode Amplop

Pilihan lainnya adalah menggunakan metode amplop, terutama jika memiliki uang tunai sebelumnya. Pisahkan pengeluaran yang dapat Anda bayarkan secara tunai. Ini biasanya akan menjadi barang-barang pilihan, seperti membeli makan siang dan anggaran untuk beli bahan makanan. 

Tentukan berapa banyak secara realistis yang diperlukan untuk masing-masing, kemudian isi setiap amplopnya dengan cukup uang untuk menutupi pengeluaran ini. Ketika uang di dalam amplop hilang, Anda mungkin harus mengemasnya sesekali.

4. Pendekatan 60 Persen

Opsi ini memerlukan disiplin, dan mungkin memerlukan beberapa penyesuaian lainnya. Batasi pengeluaran yang harus dibayar seperti sewa atau hipotek, utilitas, pembayaran mobil, asuransi, dan pembayaran pinjaman minimum hingga 60 persen dari gaji Anda.

Mungkin terasa cukup ketat, tetapi solusi ini berdasarkan gaji kotor, bukan gaji bersih. Gaji kotor adalah apa yang diperoleh sebelum pajak, dan pemotongan wajib lainnya dilakukan.

Bagi 40 persen sisanya menjadi beberapa kuartal, masing-masing 10 persen untuk uang kesenangan, tabungan pensiun, tabungan darurat, dan tabungan jangka panjang. 

3 dari 3 halaman

5. Jangan Lupakan Dana Darurat

Memiliki dana darurat adalah salah satu cara terbaik untuk menghilangkan tekanan finansial dan memastikan Anda memiliki cukup uang untuk membayar tagihan bahkan jika keadaan darurat muncul. Tetapi berhati-hatilah agar tidak terus-menerus menghabiskan uang ini.

Dana darurat dimaksudkan untuk membayar keadaan darurat yang sebenarnya, seperti kehilangan pekerjaan, perbaikan mobil, atau perjalanan tak terduga ke rumah sakit.

 Ini memungkinkan untuk menyerap biaya-biaya ini tanpa mempengaruhi setiap bagian lain dari anggaran lainnya. Penting untuk mengisi kembali dana darurat secepat mungkin jika harus menggunakannya sehingga Anda akan selalu siap untuk menangani setiap bencana yang menimpa.

6. Anggaran 50/30/20

Ini mirip dengan pendekatan 60 persen tetapi dengan persentase yang sedikit berbeda. Proses ini dimulai dengan pembayaran untuk dibawa pulang, yang mungkin menjadi satu-satunya yang harus Anda kerjakan kecuali memiliki sumber pendapatan lain. 

50 persen pertama digunakan untuk kebutuhan itu, tetapi memungkinkan pula untuk Anda menetapkan 30 persen untuk pengeluaran diskresioner, dan 20 persen sisanya dialokasikan untuk tabungan dan membayar hutang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.