Sukses

Optimisme Pengusaha pada 6 Menteri Baru di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta menyambut baik reshuffle yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta menyambut baik reshuffle yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Reshuffle ini dinilai menjadi kebutuhan yang mendesak disamping untuk mengisi dua kursi menteri yang kosong akibat terjerat kasus korupsi juga untuk penyegaran menghadapi tantangan ekonomi tahun 2021.

Ketua Umum DPP HIPPI DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, mengaku optimis karena dari enam wajah baru yang masuk Kabinet Indonesia Maju, empat diantaranya memiliki latar belakang profesional. Sehingga diharapkan mampu menggairahkan pasar ekonomi sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Dia mencontohkan, penunjukan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, sangat tepat dan mumpuni karena memiliki pengalaman bisnis dan jaringan internasional. Ketika menjabat Menteri Perdagangan era SBY Lutfi terbukti mampu mengendalikan harga pokok pangan disaat lebaran.

"Diharapkan Mendag M Lutfi dapat meningkatkan pasar ekspor, meningkatkan pemakaian produk dalam negeri, bersama kementerian pertanian mengendalikan harga pokok pangan, mengurangi ketergantungan impor dan pelayanan izin ekspor dan impor yang lebih baik serta revitalisasi pasar rakyat," katanya di Jakarta, Selasa (22/12).

Kemudian penunjukan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diharapkan mampu menyusun strategi industri pariwisata ditengah pandemi dan paska pandemi ke depan. Sehingga arus wisatawan asing ke depan dapat mencapai target untuk meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata.

"Juga mengangkat UMKM dari sisi industri kreatif, selama ini pak Sandiaga Uno melalui OK OCE sudah banyak melakukan program industri kreatif,ini menjadi peluang untuk meningkatkan industri kreatif di Indonesia," katanya.

Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga berlatar belakang pengusaha,pernah menjadi Dirut Inalum,Bank Mandiri dan Wakil Menteri BUMN,

Sementara itu, Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan strategi mengendalikan pandemi Covid-19. Termasuk program vaksinasi yang akan dimulai tahun depan.

Dia menyebut vaksinasi sangat strategis harus dipersiapkan secara cermat dan profesional dengan koordinasi lintas kementerian dan pemerintah daerah. Shingga mampu mematikan dan penularan Covid-19 dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mampu Kepercayaan Publik

Sedangkan untuk Wahyu Sakti Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan pengusaha mengharapkan agar Wahyu mampu mengembalikan kepercayaan publik khususnya berbagai kebijakan dan regulasi yang dipandang merugikan nelayan. Sektor Kelautan dan Perikanan harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk berkontribusi dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi tahun depan.

Selanjutnya untuk dua menteri lainnya yaitu Tri Rismaharini dan Yahya Cholil Staquf, masyarakat berharap besar dapat melakukan gebrakan baru memberikan pelayanan dan bantuan sosial yang adil serta kebijakan berbagai pelayanan keagamaan dan kerukunan umat beragama.

"Dunia usaha apresiasi Pak Presiden Jokowi yang memilih menteri dari kalangan profesional yang direspon sangat positif oleh pasar," ujarnya.

Dalam pandangannya, figur menteri yang ditunjuk Jokowi sudah dikenal pasar dan pelaku usaha sehingga memiliki rasa optimisme untuk dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Apalagi tantangan ekonomi k tahun depan sangat berat dengan angka pertumbuhan ekonomi yang masih minus tentu dibutuhkan strategi jitu untuk memulihkannya.

"Dengan wajah baru di Kabinet Indonesia Maju diharapkan mampu berkolaborasi dengan Kementerian terkait untuk menyusun berbagai program baik dari sisi kebijakan dan regulasi serta terobosan dan strategi menghadapi pandemi Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan pertumbuhan yang positif. Selamat bekerja para Menteri baru," tandas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.