Sukses

Pengusaha Harap Reshuffle Menteri Percepat Pemulihan Ekonomi

Pengusaha mengapresiasi Presiden Jokowi yang memilih Menteri dari kalangan profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan reshuffle kabinet pada Selasa (22/12) Sore. Sejumlah menteri diganti dengan wajah-wajah baru. Pengusaha berharap Menteri baru tersebut mampu menggairahkan pasar ekonomi sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Umum DPD HIPPI Prov. DKI Jakarta Sarman Simanjorang mengatakan dunia usaha mengapresiasi Presiden yang memilih Menteri dari kalangan Profesional, yang direspon sangat positif oleh pasar.

“Dari 6 wajah baru yang masuk Kabinet Indonesia Maju 4 berlatar belakang profesional yang diharapkan mampu berkolaborasi dengan Kementerian terkait untuk menyusun berbagai program, baik dari sisi kebijakan dan regulasi serta terobosan dan strategi menghadapi pandemi covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan pertumbuhan yang positif,” kata Sarman kepada Liputan6.com, Selasa (22/12/2020).

Menurutnya figur-figur menteri ini sudah dikenal pasar dan pelaku usaha sehingga memiliki rasa optimisme untuk dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Tantangan ekonomi Indonesia tahun depan sangat berat dengan angka pertumbuhan ekonomi yang masih minus tentu dibutuhkan strategi jitu untuk memulihkannya.

Sarman berpendapat dengan dipilihnya Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, mantan Kepala BKPM/Menteri Perdagangan dan saat ini Dubes di Amerika sangat tepat dan mumpuni karena memiliki pengalaman bisnis dan jaringan internasional.

“Ketika menjabat Menteri Perdagangan era SBY mampu mengendalikan harga pokok pangan disaat lebaran,” ujarnya.

Diharapkan Mendag M.LUtfi dapat meningkatkan pasar ekspor,meningkatkan pemakaian produk dalam negeri,bersama kementerian pertanian mengendalikan harga pokok pangan, mengurangi ketergantungan impor dan pelayanan izin ekspor dan impor yang lebih baik serta revitalisasi pasar rakyat.

Kemudian Sandiaga S Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif seorang pengusaha muda sukses, mantan Wagub DKI Jakarta dan calon wakil Presiden diharapkan mampu menyusun strategi industri pariwisata ditengah pandemi, dan pasca pandemi ke depan sehingga arus wisatawan asing ke depan dapat mencapai target untuk meningkatkan devisa negara dari sektor pariwisata.

Sekaligus diharapkan mampu mengangkat UMKM dari sisi industri kreatif. Menurut Sarman, selama ini Sandiaga S Uno melalui OK OCE sudah banyak melakukan program industri kreatif, ini menjadi peluang untuk meningkatkan industri kreatif di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menkes Budi Gunadi Sadikin

Lalu, Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga berlatar belakang pengusaha, pernah menjadi Dirut Inalum ,Bank Mandiri dan Wakil Menteri BUMN, diharapkan dapat melakukan berbagai terobosan dan strategi mengendalikan pandemi covid-19.

“Termasuk Program vaksinasi yang akan dimulai tahun depan sangat strategis, harus dipersiapkan secara cermat dan profesional dengan koordinasi lintas kementerian dan Pemerintah Daerah sehingga mampu mematikan dan penularan Covid 19 dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” jelasnya.

Adapun Wahyu Sakti Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan publik khususnya berbagai kebijakan dan regulasi yang dipandang merugikan nelayan.

“Sektor Kelautan dan Perikanan harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk berkontribusi dalam  mendongkrak pertumbuhan ekonomi tahun depan,” katanya.

Demikian dua Menteri lainnya yaitu Tri Rismaharini dan Yahya Cholil Staquf, masyarakat berharap besar dapat melakukan gebrakan baru memberikan pelayanan dan bantuan sosial yang adil serta kebijakan berbagai pelayanan keagamaan dan kerukunan umat beragama.  

3 dari 3 halaman

Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.