Sukses

Harap-Harap Cemas Pengusaha Tunggu Kepastian Vaksinasi Covid-19 Dimulai

Penyuntikan vaksin Covid-19 merupakan faktor terpenting untuk dapat memulihkan perekonomian nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha yang juga Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Roeslani, menyatakan penyuntikan vaksin Covid-19 merupakan faktor terpenting untuk dapat memulihkan perekonomian nasional.

"Di tahun 2020/2021 ini kita melihat bahwa vaksinasi itu menjadi hal yang sangat penting. Karena ini akan menimbulkan rasa kepercayaan, rasa aman, dan juga mobilitas akan jadi lebih tinggi dan akan tingkatkan demand," tuturnya dalam acara Outlook Perekonomian Indonesia, Selasa (22/12/2020).

Oleh karenanya, Rosan menunggu kepastian kapan program vaksinasi Covid-19 dapat dimulai. Sebab, sektor perekonomian dinilainya baru bisa berjalan dengan baik jika faktor kesehatan saat ini sudah teratasi.

"Kalau kita lihat, dalam keadaan ini juga vaksinasi ini yang paling penting adalah kapan ini akan diberikan. Karena ini akan sesuai/sejalan dengan planning dan rencana dari dunia usaha," kata Rosan.

"Kalau misalkan vaksinasi ini didistribusikan di kuartal pertama atau kuartal ketiga, tentu ini akan jadi lebih baik karena mempercepat proses dari kesehatan dan perekonomian kita ke depan. Karena perekonomian dan kesehatan ini berjalan beriringan," ujarnya.

Rosan beranggapan, kondisi saat ini masih dipenuhi dengan ketidakpastian tinggi. Selama pandemi Covid-19, kelompok kelas menengah dan atas disebutnya belum banyak melakukan spending.

Padahal, ia menegaskan, para pelaku usaha tengah menunggu pengeluaran dari kelompok menengah/atas tersebut. Dia pun berharap vaksinasi Covid-19 dapat menjadi jawaban.

"Dengan adanya vaksinasi, Insya Allah spending akan lebih bergerak lagi. Kita ketahui, perekonomian Indonesia 56-57 persen tergantung pada domestik consumption," ungkap Rosan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Janji Vaksin Covid-19 Gratis Mulai Disuntikkan Awal 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan janjinya untuk segera memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada masyarakat Indonesia pada awal 2021 mendatang.

Jokowi pun menekankan, pemberian vaksin gratis secepat mungkin ini menjadi faktor terpenting dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

"Dan yang paling penting, pemerintah akan segera berikan vaksin gratis, dimulai di awal tahun 2021," tegas Jokowi dalam sesi teleconference, Selasa (22/12/2020).

Menurut dia, program vaksinasi ini dapat membangkitkan kepercayaan publik terhadap penanganan pandemi Covid-19. Sekaligus menimbulkan rasa aman di tengah masyarakat.

"Sehingga pemulihan ekonomi bisa lebih cepat, konsumsi akan naik dan kembali normal. Investasi juga diperkirakan akan meningkat karena ada Undang-Undang Cipta Kerja," ujar Jokowi.

Beberapa sektor pun diceritakannya telah mengalami perbaikan pada akhir 2020 ini. Seperti angka ekspor yang sudah menunjukan tren peningkatan jelang memasuki 2021.

"Diharapkan tren ini terjaga dan meningkat di 2021. Terlebih lagi kita mendapatkan fasilitas GSP dari Amerika Serikat. Ini tentu akan mendorong kinerja ekspor kita," tandas Jokowi. 

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.