Sukses

Jabar Explore 2020, Siasat Kembangkan Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19

kegiatan Jabar Explore 2020 merupakan program yang sangat tepat bagi pengembangan pariwisata Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Keindahan alam Jawa Barat (Jabar) yang memesona dapat menarik minat wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman). Seperti gunung, rimba, bukit, dan laut, yang berada di Jabar berpotensi menjadi destinasi wisata.

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, untuk itu diperlukan penjelajahan dan pengembangan, salah satunya dengan Jabar Explore 2020. Alasannya masih banyak tempat yang berpotensi menjadi destinasi wisata belum terekspos.

“Jabar punya keindahan yang seringkali kurang dipromosikan karena ketidaktahuan. Jadi tidak ada sebuah pergerakan. Ada air terjun, situ, pantai, gunung, yang memiliki keindahan tersendiri,” ujar Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Sabtu (5/12/2020).

Ridwan Kamil menjelaskan kegiatan Jabar Explore 2020 merupakan program yang sangat tepat bagi pengembangan pariwisata Jabar. Karena di dalamnya terang Ridwan Kamil, terdapat promosi seni dan budaya Jabar, eksplorasi desa wisata, penanaman pohon, bakti sosial, informasi penyaluran UMKM, dan dokumentasi perjalanan.

Ridwan Kamil berharap Jabar Explore 2020 dapat mengembangkan potensi pariwisata. Selain itu, seni dan budaya nantinya dapat dipromosikan oleh peserta kegiatan.

“Pariwisata Jabar akan pulih dengan cepat usai terpuruk karena pandemi COVID-19. Selain mempunyai keindahan alam, destinasi wisata di Jabar mudah diakses dan mengandalkan kunjungan wisnus,” kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil pun optimistis sektor pariwisata dapat mempercepat pemulihan ekonomi Jabar. Ridwan Kamil meminta ke tim Jabar Explore untuk memberikan testimoni lokasi terkait rute-rute baru wisata di Jabar.

Tujuannya sebut Ridwan Kamil, agar kebahagiaan masyarakat meningkat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Oleh karena itu saya titipkan kepada bank bjb untuk fokuskan wisata dengan regional tourism. Bikin perahu dan cafe di desa-desa kalau bisa itu dukungan langsung yang dilakukan oleh Bank BJB,” tambah Ridwan Kamil.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protokol Kesehatan

Selain itu, Ridwan Kamil kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Agar kegiatan pariwisata, pemulihan ekonomi, dan penanganan COVID-19 dapat berjalan beriringan.

Dalam pelaksanaannya, Tim Jabar Explore yang mendatangi pariwisata Jabar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Sementara itu Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, selain mengembangkan potensi pariwisata Jabar, acara ini dapat memberdayakan pelaku UMKM.

“Wisata di Jabar itu begitu indah, ditambah lagi dengan pemberdayaan UMKM yang menjadi bagian dari apa yang kami lakukan untuk meningkatkan potensi ekonomi di Jabar,” ungkap Yuddy.

Yudi memohon bantuan dan dukungan dari kegiatan ini, untuk dikaitkan dengan peningkatan roda perekonomian di Jabar dan UMKM serta pariwisata. Sedangkan bank bjb lanjut Yudi, hanya sebagai fasilitator. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.