Sukses

6 Anak Buah Erick Thohir Positif Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN menyatakan enam pegawai di lingkungan kementerian terinfeksi covid-19. Hal ini diketahui setelah seluruh pegawai mengikuti swab test secara berkala di Kementerian BUMN.

"Per hasil tes yang diterima Senin siang pukul 14.00 WIB di lingkungan Kementerian BUMN tercatat sebanyak enam pegawai positif covid-19," ucap Sekretaris Menteri BUMN Susyanto dalam keterangan resmi, Selasa (17/11/2020).

Susyanto menambahkan, enam pegawai tersebut saat ini tengah dalam proses penyembuhan atau isolasi masndiri dalam pantauan dokter. Kementerian BUMN juga melakukan penelusuran kontak dari masing-masing enam pegawai tersebut.

“Segera setelah teridentifikasi sejumlah kasus positif, Kementerian BUMN langsung memastikan penanganan dan penelusuran kontak hingga ke keluarga masing-masing,” kata dia.

Sementara, Susyanto memastikan Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan pejabat pimpinan tinggi madya dalam kondisi sehat dan bekerja seperti biasa dari rumah masing-masing.

Susyanto mengatakan, Kementerian BUMN senantiasa menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home) bagi 85 persen pegawai. Sedangkan 15 persen lainnya bekerja di kantor. Hal ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wamen Budi Gunadi Sadikin Isolasi Mandiri, Ini Penjelasan Kementerian BUMN

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Budi Gunadi Sadikin diinformasikan saat ini sedang melakukan isolasi mandiri.

Hal itu, disampaikan Ketika Budi tidak hadir secara fisik dalam Rapat kerja dengan DPR RI pada Selasa pagi, 17 November 2020, melainkan hadir secara virtual.

Untuk memastikan, Liputan6.com menghubungi Staf khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga, menyebutkan kondisi Budi Gunadi dalam kondisi aman, meskipun sedang isolasi mandiri.

“Aman-aman saja kok, tadi ikut rapat dengan DPR. Beliau masih oke, masih menunggu laporan berikutnya,” kata Arya kepada Liputan6.com, Selasa (17/11/2020).

Sebelumnya dalam Rapat Kerja dengan komisi IX DPR, Budi sengaja memilih untuk hadir secara virtual lantaran dirinya sedang menjalani isolasi mandiri di luar kompleks Kementerian BUMN.

"Saya harus isolasi," kata Budi yang juga Wakil Menteri BUMN dikutip dari siaran langsung di Youtube DPR RI.

Isolasi harus Budi lakukan lantaran ada beberapa pegawai Menteri BUMN Erick Thohir serta pegawainya yang positif COVID-19. Hal tersebut baru diketahui kemarin sore. Dokter pun menyarankan agar Budi Gunadi melakukan isolasi.

"Ada tiga pegawai Pak Menteri yang positif. Baru tahunya kemarin sore," katanya.

Kendati begitu, Budi pun sudah melakukan tes PCR dan beberapa hari lagi dia akan melakukan tes tersebut untuk mengetahui status kesehatan dirinya dari COVID-19.

"Kami sudah PCR, tapi disarankan dokter diulang tiga hari lagi," pungkas Budi. 

3 dari 3 halaman

Tak Hadir Rapat Kerja Bersama DPR, Ternyata Budi Gunadi Sadikin Lagi Isolasi Mandiri

Kehadiran virtual Budi Gunadi Sadikin, Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), dalam rapat kerja dengan DPR RI dipertanyakan oleh anggota dewan Komisi IX.

Rupanya, Budi tidak bisa menghadiri secara langsung rapat dengan Komisi IX DPR RI terkait penanganan pandemi COVID-19 lantaran dirinya sedang menjalani isolasi mandiri.

Dalam rapat kerja pada Selasa pagi, 17 November 2020, salah satu anggota Komisi IX DPR RI, Abidin Fikri, menanyakan posisi Budi Gunadi.

Secara virtual, Budi menyampaikan bahwa dirinya berada di kantor isolasi yang berada di luar kompleks Kementerian BUMN.

"Saya harus isolasi," kata Budi yang juga Wakil Menteri BUMN dikutip dari siaran langsung di Youtube DPR RI.

Isolasi harus dia lakukan mengingat ada beberapa pegawai Menteri BUMN Erick Thohir serta pegawainya yang positif COVID-19. Hal tersebut baru diketahui kemarin sore. Dokter pun menyarankan agar Budi Gunadi melakukan isolasi.

"Ada tiga pegawai Pak Menteri yang positif. Baru tahunya kemarin sore," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.