Sukses

Ingin Mutasi Kerja ke Wilayah Lain saat WFH? Pertimbangkan Ini Dulu

Liputan6.com, Jakarta Jika selama 6 bulan ini menjalani bekerja dari rumah, Anda mungkin merasa bosan dan ingin mengubah keadaan dengan pindah lokasi  bekerja hingga tempat tinggal maka pertimbangkan dengan matang.

Saat tidak harus terikat ke kantor, mungkin Anda merasa mulai suka lebih dekat dengan keluarga. Atau Anda ingin pindah ke suatu tempat di mana bisa membuat hidup lebih rileks. Atau mungkin hanya ingin pindah ke tempat yang lebih murah atau tidak ramai.

Tetapi jika Anda berencana pindah ke daerah lain, pertimbangkan bagaimana hal itu dapat memengaruhi pekerjaan, dan lainnya.

Melansir dari CNN, Selasa (29/9/2020) sebelum Anda memutuskan untuk benar-benar pindah, berikut 3 pertanyaan yang bisa ditanyakan ke departemen SDM.

1. Akankah perusahaan mengizinkan saya bekerja di tempat lain?

90 persen pemberi kerja mengatakan bekerja dari jarak jauh tidak merusak produktivitas. Tidak peduli seberapa keren perusahaan Anda, saat bekerja dari rumah, itu tidak berarti semua akan berjalan lancar dengan rumah yang berada di mana saja.

Jika Anda pindah ke suatu tempat di mana perusahaan tidak memiliki karyawan atau kantor satelit, perusahaan mungkin harus menanggung beban administrasi atau biaya lain untuk memenuhi tugas hukumnya sebagai pemberi kerja.

"Tidak semua pengusaha akan bersedia membiarkan karyawan bekerja di luar karena itu mungkin berarti ada kewajiban tambahan di pihak mereka," kata Katie Brennan, Penasihat Pengetahuan  Society for Human Resource Management.

 

2 dari 3 halaman

2. Apakah relokasi akan mempengaruhi gaji saya?

Mungkin. "Berapa banyak Anda dibayar akan tergantung sebagian pada biaya tenaga kerja di mana memilih untuk tinggal," kata Tauseef Rahman, mitra yang berspesialisasi dalam strategi kompensasi di perusahaan konsultan SDM Mercer.

Jadi jika Anda pindah ke tempat yang lebih murah di mana tenaga kerja lebih murah, Anda mungkin dibayar lebih sedikit. Jika lebih mahal, Anda mungkin dibayar lebih banyak.

"Tetapi jika memiliki pekerjaan yang kompetitif secara nasional dan pekerjaan yang tidak mengharuskan Anda berada di lokasi tetap, mungkin ada perbedaan gaji yang jauh lebih kecil daripada yang diharapkan," kata Rahman.

Itu karena atasan harus bersaing dengan perusahaan di mana pun untuk mendapatkan hasil pekerjaan Anda.

3. Bagaimana manfaat yang diperoleh?

Ada peraturan yang mengatur berbagai tunjangan yang diberikan oleh pemberi kerja. Atau adakah tambahan biaya seperti biaya wifi dan uang makan.

Tunjangan terbesar adalah asuransi kesehatan. Anda mungkin harus beralih ke paket lain yang ditawarkan oleh perusahaan Anda jika perusahaan asuransi yang dimiliki sekarang tidak menawarkan perlindungan di tempat pindah.

Atau mungkin tidak ada paket asuransi yang ditawarkan perusahaan Anda yang tersedia di wilayah baru karena perusahaan tidak berbisnis di sana. Itu bisa berarti Anda perlu melakukan diskusi atau atasan mungkin menemukan opsi lain.

 

Reporter : Erna Sulistyowati

 

3 dari 3 halaman

Tonton Video Ini