Sukses

Ini Bukti Petani dan Peternak Milenial Sukses di Masa Pandemi

Liputan6.com, Jakarta Masa pandemi yang masih berlangsung hingga hari ini faktanya menantang orang muda atau generasi milenial untuk terus berinovasi. Ya, sebagai generasi yang melek teknologi, milenial pun akhirnya berhasil mengolah peluang usaha menjadi penghasilan.

Salah satunya Nur Agis Aulia, seorang petani dan peternak milenial yang sukses memanfaatkan peluang di tengah pandemi. Agis membuktikan keberhasilannya di acara Pesta Rakyat Simpedes (PRS) Episode 2 bertema Millenial Membangun Negeri dalam rangka menyambut HUT ke-125 BRI pada Sabtu (19/9).

Lewat acara yang disiarkan live di Vidio dan Facebook Liputan6, sejak menekuni profesi dan usaha sebagai petani dan peternak di Banten, Agis mengaku bisa mendapatkan penghasilan harian, bulanan, bahkan tahunan yang luar biasa.

Caranya gimana? Adalah dengan membudidayakan sapi, domba dan kambing perah yang bisa dijual susunya, sehingga bisa menjadi sumber penghasilan harian. "Kemudian ada domba dan kambing potong untuk akikah, sehingga bisa menjadi pemasukan bulanan, sementara untuk penghasilan tahunan bisa didapatkan dari bertani sayuran," jelas Agis.

Keberhasilan itu berhasil strategi pemasaran online yang tepat sasaran. Alhasil para petani dan peternak di Banten bisa bertahan. Tak heran berkat kerja kerasnya, Agis mampu memberikan kontribusi nyata bagi desanya.

Lewat perannya sebagai pilot project integrated farm NAPOLI FARM dan CEO Jawara Banten Farm, kini ayah dua anak itu bisa menjadi Co-founder Komunitas Banten Bangun Desa. Bahkan saat ini, bisnis Agis merambak ke bidang usaha lain, seperti peternakan dan perikanan.

Talkshow PRS Episode 2 ini pun berjalan makin seru karena Agis tak sendiri. Ya, Agis didampingi speaker lain, yaitu Mamat Alkatiri yang populer sebagai komika. Mamat pun setuju, jika peran nyata generasi milenial seperti Agis benar-benar dibutuhkan untuk memajukan daerah.

Mamat bahkan percaya, jika di Papua yang merupakan kampung halamannya dan hadir sosok seperti Agis, niscaya daerahnya bakal maju juga.

2 dari 2 halaman

Tips Berkebun Metode Hidroponik

Selama pendemi berkebun menjadi salah satu hobi yang lagi ngetren banget. Bagaimana jika tak punya banyak lahan? Di sesi workshop PRS Episode 2, hidroponik muncul sebagai solusinya. Bayu Widhi Nugroho yang merupakan praktisi hidroponik membagikan tipsnya dan patut banget diketahui khususnya buat para pemula.

"Banyak yang salah kaprah saat memulai hidroponik. Tanaman hidroponik sebaiknya ditaruh di tempat yang terkena sinar matahari langsung sejak penyemaian hingga panen," jelas Bayu.

Itu artinya dengan tercukupinya nutrisi, sinar matahari, dan oksigen yang terlarut dalam media, proses penyerapan nutrisi tanaman dengan metode hidroponik ini akan berjalan dengan baik.

Dimeriahkan Musisi Kenamaan Tanah Air

Setelah menerima banyak informasi dan inspirasi dari workshop dan talkshow, PRS Episode 2 ini menghadirkan hiburan dari dua musisi kenamaan Indonesia, yaitu Slank dan RAN.

Bahkan secara spesial, band rock legendaris Indonesia, Slank menghibur para penonton di rumah, dengan membawakan sejumlah lagu hits andalan, seperti Tong Kosong, Gara-Gara Kamu, Terlalu Manis hingga Mars Slankers.

Slank juga menyanyikan lagu-lagu yang bertema perjuangan dengan aransemen asli pada masanya, seperti Garuda Pancasila. Untuk informasi tambahan, PRS tahun ini juga membagikan 19.219 hadiah, dengan jumlah undian dari 19.219 hadiah disebar Bank BRI, termasuk 1 rumah, 484 mobil, 4.347 sepeda motor, 7.777 televisi serta ribuan hadiah lainnya.

Sementara, pengundian Panen Hadiah Simpedes dilakukan setiap minggu di 400 kantor cabang Bank BRI di seluruh Indonesia. Pada PRS Episode 2 pengundian Panen Hadiah Simpedes dilakukan di kantor cabang Bank BRI di Bengkulu.

Nah agar tak ketinggalan, cek terus jadwal pengundian di http://bit.ly/PHSperiode2 ya! Selain itu, PRS 2020 juga menerapkan konsep 6P, yaitu Panggung, Pasar, Pawai, Panen, PokokXsis, dan Peduli, yang tak lain adalah trademark PRS.

Tak hanya itu, PRS juga mendorong UMKM tetap bisa berjualan online dengan menghadirkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Nantikan PRS Episode berikutnya beserta update terbaru di sini.

 

(*)