Sukses

Benarkah Berbelanja bisa Bikin Lebih Bahagia? Begini Kiatnya

Dengan memiliki uang Anda bisa membeli segalanya, tetapi akankah Anda selalu bahagia?

Liputan6.com, Jakarta Bekerja dan memiliki banyak uang untuk menunjang kehidupan adalah suatu kewajiban bagi semua orang. Dengan bekerja keras dan memiliki uang Anda bisa dengan bebas berbelanja apapun dan kapanpun yang diinginkan.

Meski, Anda juga harus merencanakan kebutuhan keuangan di masa depan, serta memenuhi kebutuhan di saat ini. Namun memiliki banyak uang dan bisa membeli segalanya belum tentu dapat membuat Anda menjadi bahagia.

Mengutip dari Freemalaysiatoday, Rabu (22/9/2020) berikut cara membelanjakan uang dengan benar agar Anda lebih bahagia:

1. Susun anggaran dengan cerdas

Fokuslah untuk mengurangi pengeluaran sambil berbelanja dengan cerdas. Alokasikan pengeluaran Anda untuk aktivitas yang memberikan kegembiaraan dan meningkatkan kesejahteraan.

Biaya tetap dan biaya variabel adalah dua kategori utama anggaran. Namun Anda dapat juga memisahkan menjadi keinginan dan kebutuhan yakni sebagai berikut

·      Kebutuhan tetap

·      Keinginan tetap

·      Kebutuhan variabel

·      Keinginan variabel

Keinginan variabel adalah aktivitas yang meningkatkan kebahagiaan di mana membelanjakan uang dapat meningkatkan kebahagiaan Anda. Tujuannya adalah untuk mengurangi pengeluaran dan membebaskan dana dari tiga kategori pertama.

Sedangkan untuk variabel keinginan Anda dapat menggunakan dana yang dibebaskan untuk meningkatkan kebahagiaan.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara selanjutnya

2. Beli pengalaman dan kenangan

Rencanakan dengan detail keinginan variabel Anda yang dapat meningkatkan kebahagiaan. Penelitian menunjukkan bahwa pengalaman yang Anda dapat memberikan kepuasan yang lebih besar daripada materi lainnya.

Misalnya dengan bertamasya ke pantai, gunung, kota ataupun tempat lainnya. Setelah bertamasya, Anda melihat Kembali foto-foto yang diambil dan mengenang momen Bahagia itu akan membawa kegembiraan Anda Kembali

3.  Menghabiskan uang untuk orang lain

Cobalah bersikap baik kepada orang lain, maka Anda akan merasakan hebat setelahnya. Anda akan merasa lebih bahagia membelanjakan untuk orang lain.

Misalnya jika Anda membawa oleh-oleh dari luar daerah dan memberikan kepada teman atau orang terdekat dan melihat reaksi dari mereka yang menerima hadiahnya.

Memberi kebahagiaan kepada orang lain dan mendapatkan kebahagiaan sebagai balasannya adalah kebahagiaan yang berlipat ganda.

4. Tukarkan waktu ‘tidak bahagia’ dengan waktu yang ‘bahagia’

Anda akan lebih bahgai jika menggunakan waktu untuk berfokus melakukan hal-hal yang disukai sehingga dapat menggerakkan Anda menuju tujuan. Yang penting adalah apa yang dilakukan dengan waktu yang terbatas yang dimiliki dalam hidup.

Jika Anda memiliki banyak uang tetapi menghabiskan 99 persen waktu untuk melakukan hal-hal yang dibenci, maka Anda tidak akan bahagia.

5. Persahabatan

Bayangkan hidup Anda tanpa teman, tentunya akan sangat menyedihkan. Persahabatan penting untuk kesejahteraan.

Jadi hargailah persahabatan yang Anda miliki. Selain itu persahabatan juga bisa dalam bentuk mengadopsi atau membeli hewan peliharaan atau tumbuhan.

 

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.