Sukses

Ada Libur Panjang, Pertamina Pastikan Stok BBM di Jalan Tol Aman

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III meningkatkan pelayanan di SPBU yang terletak di rest area sepanjang jalur tol saat libur panjang Agustus ini.

Perseroan juga turut menyiagakan sejumlah fasilitas tambahan agar pengendara yang memanfaatkan momen libur panjang untuk perjalanan mudik semakin mudah mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Adapun volume lalu lintas keluar Jakarta diprediksi akan melonjak mulai Jumat malam (14/8/2020) hingga Sabtu (15/8/2020). Mayoritas pengendara merupakan pengguna kendaraan mobil pribadi, seiring dengan ditetapkannya Surat Edaran Nomor 17/AJ.201/DRJD/2020 dari Kementerian Perhubungan tentang Pembatasan Operasional Angkutan Barang Pada Masa Arus Mudik dan Arus Balik Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 Tahun 2020 dan Tahun Baru Islam 1442 Hijriah.

Unit Manager Communication, Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan mengatakan, Pertamina telah menyiapkan strategi untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas pada momen libur panjang ini. Salah satunya melalui pemenuhan stok BBM di SPBU yang berada di sepanjang jalur tol.

"Kami memastikan kesiapan layanan kebutuhan BBM pada momen libur panjang yang akan dimanfaatkan masyarakat untuk perjalanan mudik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/8/2020).

Sepanjang ruas Tol Jakarta-Cikampek, Pertamina telah menyediakan SPBU di sejumlah Rest Area seperti Km 19, Km 39 dan Km 57. Sedangkan di ruas Tol Cikampek-Cirebon, terdapat SPBU siaga di rest area Km 102, Km 166, Km 207, serta Km 228.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Tambahan

Selain memastikan kesiapan stok di SPBU, Eko menjelaskan, Pertamina juga menyiagakan fasilitas tambahan di sepanjang ruas tol yaitu mobile storage di Km 57A, Km 62B, dan Km 101B. Serta armada motor Pertamina Delivery Service (motorist) yang siaga di Km 75A dan Km 62B.

"Mobile storage adalah mobil tangki berisi BBM yang bersiaga di SPBU. Tujuannya untuk mempercepat proses pengisian ke SPBU sehingga stok BBM untuk konsumen terjaga. Apabila sangat diperlukan, motorist Pertamina Delivery Service juga sudah kami siagakan. Kami turut bekerjasama dengan aparat keamanan untuk mengawal motorist yang membawa BBM menghampiri mobil konsumen yang butuh bahan bakar dengan aman," jelasnya.

Di masa adaptasi kebiasaan baru ini, Pertamina turut menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di SPBU melalui penyemprotan disinfektan, penyediaan sarana sanitasi, dan mewajibkan operator SPBU maupun operator motorist Pertamina Delivery Service untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Konsumen yang akan keluar dari kendaraan untuk mengisi BBM di SPBU, diwajibkan menjaga jarak aman minimal 1 meter dari operator.

"Kami turut menghimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati dan mematuhi protokol Covid-19. Seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak aman, dan melakukan pembayaran non tunai di SPBU," imbuh Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.