Sukses

Proyek Waskita Karya di Papua Ini Diakui Dunia

Waskita Karya menyelesaikan pembangunan Arena Aquatic Papua untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021

Liputan6.com, Jakarta - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham: WSKT) melalui Building Division telah menyelesaikan pembangunan Arena Aquatic Papua untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 dengan nilai kontrak Rp 401 miliar dari APBN 2018-2020.

Pembangunan dimulai pada 7 Desember 2018 dan selesai pada 31 Agustus 2020. Setelah selesai dikerjakan, Arena Aquatic Papua melaksanakan Sertifikasi Venue sesuai dengan standar federasi renang internasional, Fédération Internationale de Natation, FINA Facility Rules pada 27 Juli 2020.

Kemudian setelah selesai disertifikasi, Arena Aquatic Papua dinyatakan memenuhi standar olimpiade. Adapun kegiatan sertifikasi meliputi pengecekan dan pengukuran dimensi kolam dengan metode random sampling yang dilakukan oleh Ketua Bidang Sertifikasi PB PRSI di dalam Pengawasan Konsultan Spesialis Federasi Renang Internasional (FINA) dari Spanyol melalui media video conference karena pandemi Covid-19.

Berdasarkan hasil pengecekan dan pengukuran tersebut disimpulkan bahwa Field of Play atau Kolam Tanding Arena Aquatic Papua besutan Waskita Karya ini telah sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan oleh FINA.

“Pembangunan Arena Aquatic PON XX Papua 2020 menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM), mencakup struktur, arsitektur, mekanikal, elektrikal sampai dengan landscape. Selain sebagai gambaran kebutuhan lapangan, penggunaan BIM juga dioptimalkan untuk memenuhi standar internasional yang ditetapkan oleh FINA,” kata Project Manager Proyek Pembangunan Arena Aquatic Papua, Hapsak Panca Pamungkas dalam keterangannya, Selasa (4/8/2020).

Arena Aquatic Papua yang berlokasi di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, akan menjadi venue Aquatic termegah di Indonesia bagian Timur. Waskita Karya membangun Arena ini di atas lahan seluas 23.124 m² dengan luas bangunan 17.733 m², memiliki kapasitas spectator 1.722 seat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Detail Arena

Arena Aquatic Papua memiliki tiga arena bertanding atau Field Of Play (FOP) yaitu: kolam tanding (Competition Pool), dengan panjang 51,23 m, lebar 25 m dan kedalaman 3 m, kolam loncat indah (Diving Pool), dengan panjang 21 m, lebar 25 m dan kedalaman 5 m, dan kolam pemanasan (Warm Up Pool), dengan panjang 50 m, lebar 21 m dan kedalaman 1 hingga 2 m.

Arena Aquatic PON XX Papua 2020 dilengkapi dengan pencahayaan field of play yang mumpuni sebesar 1500 lux untuk kolam tanding dan kolam diving sedangkan kolam pemanasan sebesar 600 lux. Selain itu, Arena ini juga dilengkapi dengan fasilitas timing system, scoring board, sound system, tata udara, CCTV, solar panel, serta penataan kawasan untuk parkir, landscape dan bangunan penunjang lainnya.

Kolam pada Arena Aquatic PON XX Papua 2020 dilengkapi dengan sistem dan peralatan dengan teknologi yang canggih, seperti dinding kolam dari panel baja modular lalu dilapisi membran PVC liner agar terhindar dari risiko kebocoran untuk jangka waktu yang panjang. Kolam kompetisi dilengkapi dengan Automatic Moveable Bulkhead sehingga dapat dimanfaatkan untuk nomor pertandingan jarak pendek 25 m.

Selain itu, Waskita Karya pun melengkapi sistem pengelolaan air kolam dengan sistem UV (Ultra Violet) yang befungsi untuk mematikan bakteri serta mengurangi kadar penggunaan klorin. Ditambah robotic cleaner yang bergerak secara otomatis untuk membersihkan kotoran di lantai & dinding kolam.

Sistem filtrasi yang terintegrasi dengan sistem disinfektan telah dilengkapi smart control devices untuk mengatur supply bahan kimia sesuai kebutuhan aktual kolam secara presisi dan real time, sistem smart pool ini didukung oleh Fluidra Indonesia sebagai pool specialist. Aksesoris pertandingan seperti papan loncat, tali jalur lintasan, dan lainnya juga telah memenuhi standar yang disyaratkan oleh FINA.

Dengan FINA Rules yang memiliki banyak standar yang harus dipenuhi seperti struktur kolam (panjang, lebar, tinggi tiap kolam), fasilitas kolam, pencahayaan field of play, dan pengaturan suhu air permukaan kolam, penggunaan teknologi BIM menjadi sangat penting dalam optimalisasi desain sehingga perencanaan pembangunan menjadi lebih akurat dan presisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.