Sukses

Tips Beli Rumah Pertama untuk Generasi Milenial

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki hunian pribadi sudah menjadi kebutuhan setiap orang, bahkan untuk kamu generasi milenial yang terbilang masih muda sekalipun. Membeli rumah memang tidak bisa dianggap sebagai perkara yang mudah, mengingat harga aset yang satu ini terbilang begitu tinggi di pasaran.

Namun jika melihat manfaat dan juga kebutuhannya, maka mengupayakan untuk bisa memiliki rumah pribadi tentu patut menjadi pertimbangan. Harga rumah yang tinggi menjadi tantangan tersendiri untuk bisa memiliki aset mahal ini.Hal yang sama juga dialami oleh generasi milenial sepertimu, yang pada umumnya tidak memiliki penghasilan yang tinggi setiap bulannya. 

Meski pengajuan KPR bisa menjadi pilihan, jumlah cicilan yang tinggi setiap bulannya tentu harus menjadi pertimbangan. Jangan sampai kelak keuanganmu mengalami masalah, hanya karena tidak mampu membayar cicilan KPR yang tinggi secara rutin.

Bukannya mendapatkan manfaat maksimal dari pembelian tersebut, kamu justru bisa mengalami kesulitan dalam keuangan. Penting untuk membeli rumah dengan rencana yang matang, agar kelak rumah tersebut benar-benar bisa kamu miliki dan bisa memberikan manfaat maksimal di dalam kehidupanmu.

Simak beberapa tips dari Cermati.com berikut ini, yang perlu dicermati milenial saat akan membeli rumah pertama:

1. Di mana kamu akan tinggal?

Lokasi selalu menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih rumah. Lokasi sebuah rumah juga akan menentukan harga rumah itu sendiri. Semakin strategis letak sebuah rumah, maka akan semakin bagus (tinggi) juga harga yang ditawarkan untuk rumah tersebut.

Jika kamu menginginkan rumah yang dekat dengan tempat kerja, maka memilih perumahan di sekitar kantormu tentu akan menjadi pilihan yang tepat. Namun jika kamu menginginkan kenyamanan dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, maka memilih rumah di pinggiran kota tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri untukmu.

Hal ini juga bisa berlaku sama pada pilihan jenis rumah yang akan kamu tinggali. Pahami dengan baik semua poin di atas, agar kamu memiliki gambaran rumah idaman yang kelak akan kamu beli. Selanjutnya, cobalah untuk mulai mendatangi lokasi sekitar lingkungan di mana kamu ingin membeli rumah. Kamu bisa menikmati waktu di sana dengan banyak cara, mulai dari makan di restoran atau bahkan minum kopi dan bersantai di kafe terdekat.

Hal ini akan memberimu gambaran yang jelas tentang lingkungan tersebut, termasuk karakter orang-orang sekitar rumah yang tinggal di sana. Semakin betah kamu di sana, maka akan semakin layak lingkungan tersebut untuk kamu jadikan kawasan tinggalmu.

 

2 dari 4 halaman

Siap Finansial dan Mental

2. Sudah siapkah kamu membeli rumah secara mental dan finansial?

Harga rumah yang tinggi patut menjadi pertimbangan penting di dalam rencanamu, apalagi jika kamu akan mengajukan pembelian kredit untuk rumah ini. Bukan hanya kondisi keuanganmu sekarang saja, namun kamu juga harus mencermati kondisi keuanganmu di masa yang akan datang.

Di dalam permbelian kredit, kamu akan menanggung sejumlah cicilan yang cukup besar setiap bulannya. Ini bahkan akan menjadi pengeluaran rutin yang panjang di dalam keuangan, sehingga harus dipertimbangkan dengan sangat matang. Selain itu, mencari penyedia KPR terbaik juga akan menjadi kebutuhan tersendiri di dalam pembelian ini. Ada banyak yang harus kamu pertimbangkan, hingga akhirnya kamu bisa memilih layanan kredit yang paling menguntungkan.

Pastikan kamu memang sudah benar-benar siap untuk membeli rumah ini, terutama dalam segi keuangan. Hal ini akan mempermudah kamu melakukan pembelian dan membayar cicilan rumah tersebut hingga proses pelunasannya.

3. Segera persiapkan dirimu sebaik mungkin

Saat kamu sudah memutuskan untuk membeli rumah, maka tentukan waktu kapan kamu akan mengajukan kredit ke bank.Hitung jumlah uang muka yang harus kamu bayarkan dan sesuaikan dengan batas waktumu untuk mengumpulkannya. Mulailah menabung biaya uang muka ini secara rutin setiap bulannya. Kamu bisa mengalokasikan sejumlah penghasilan bulananmu.

Selain itu, lakukan penghematan di dalam keuangan, agar kamu bisa menabungkan lebih banyak uang. Kamu bisa memangkas berbagai biaya yang tidak begitu penting, sehingga lebih banyak uang yang bisa kamu simpan setiap bulannya.

Masukkan dana uang muka ini di rekening tabungan khusus, agar kamu tidak mencampur adukkannya dengan dana lainnya. Jika perlu, kamu juga bisa menginvestasikannya dalam bentuk emas. 

 

3 dari 4 halaman

Rencanakan Matang-Matang

Beli rumahmu dengan rencana yang matang

Bagi para milenial, memiliki rumah sendiri juga sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Kamu bisa saja membeli aset yang satu ini dengan mudah, jika sejak awal kamu sudah memahami apa saja yang harus dipersiapkan dalam proses tersebut. Rencanakan dan persiapkan pembelian rumah pertamamu, agar kamu bisa segera memiliki hunian pribadi yang nyaman.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: