Sukses

Wisata Bali Mulai Buka 31 Juli 2020, Tapi Khusus Turis Lokal

Hingga tanggal 21 Juli, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Bali sebanyak 2.856 orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Bali akan dibuka kembali untuk wisata pada 31 Juli 2020. Namun belum semua turis bisa ke Bali. Aktivitas pariwisata di Pulau Dewata ini hanya diperuntukkan bagi wisatawan nusantara.

"Pada 31 Juli yang akan datang dimulai pembukaan sektor pariwisata khusus wisatawan nusantara," kata Gubernur Bali, Wayan Koster, dalam Webinar Nasional Reaktivasi Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru, Jakarta, Rabu (22/7/2020).

Bila tahap kedua pemulihan ekonomi di Bali ini berjalan dengan baik, maka pada 11 September mendatang, wisatawan mancanegara dipersilakan untuk datang.

"Tahap ketiga akan dijalankan pada 11 september 2020 mulai aktivitas pariwisata untuk wisatawan mancanegara," kata Wayan.

Saat ini Bali sedang mempersiapkan diri untuk membuka sektor kepariwisataan. Sambil berjalan, proses penanganan Covid-19 juga sedang berlangsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Positif Corona

Hingga tanggal 21 Juli, jumlah kasus terkonfirmasi positif di Bali sebanyak 2.856 orang. Ada 700 pasien (25 persen) menjalani sedang dalam perawatan.

Lebih dari 400 merupakan pasien tanpa gejala. "Yang positif ini 400 lebih tanpa gejala, hanya 220 yang berada di rumah sakit dan kami tengah menangani ini dengan baik sesuai arahan Presiden Juli lalu," tutur Wayan.

Dia menargetkan akhir pekan ini 80 persen sembuh. Sebab, sebelum dibukanya kembali pintu pariwisata, wisatawan domestik harus percaya dan merasa nyaman berlibur di Bali selama masa pandemi.

 

3 dari 3 halaman

Kesembuhan tinggi

"Angka pertumbuhan sedikit, kesembuhan tinggi, meninggal sedikit itu membuat orang nyaman berkunjung ke bali," kata dia.

Pemerintah daerah juga telah mengeluarkan surat edaran gubernur mengenai penerapan protokol tatanan kehidupan era baru. Dalam rangka pelaksanaan aktivitas ini harus sehat, nyaman, dan aman bagi masyarakat lokal dan wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.