Sukses

Wajib Punya, Kenali Apa Itu Dana Darurat

Saat biaya medis dapat meroket dan memiliki dana darurat berarti seseorang tidak harus memilih antara kesehatan dan sewa.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang perlu bersiap untuk peristiwa yang tidak terduga. Cara terbaik adalah memiliki uang tunai atau tabungan yang cukup siap digunakan sebagai dana darurat. Jangan menunggu hingga Anda terpaksa mengambil pinjaman atau utang kartu kredit.

Melansir Freemalaysiatoday.com, Kamis (23/7/2020), dana darurat adalah akun yang digunakan untuk menyimpan dana untuk keadaan darurat. Ini bisa berupa kehilangan pekerjaan, penyakit besar atau pengeluaran tak terduga lainnya yang tidak dapat dihindari.

Biaya medis dapat meroket dan memiliki dana darurat berarti seseorang tidak harus memilih antara kesehatan dan sewa. Ada begitu banyak situasi di mana uang tunai ekstra diperlukan.

Lalu seberapa besar dana darurat yang diperlukan?

Perhitungan paling umum didasarkan pada pengeluaran bulanan. Setiap orang harus memiliki gagasan tentang berapa banyak uang yang dibutuhkan, untuk menutup pengeluaran sebulan dengan nyaman.

Dana darurat harus mampu menutupi pengeluaran minimal tiga hingga enam bulan, tetapi menyiapkan uang yang lebih besar justru lebih baik. Namun, setiap orang dalam situasi yang berbeda dan persyaratan dana darurat akan bervariasi.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa yang harus dilakukan dengan dana darurat?

Rekening dana darurat harus terpisah dari rekening bank biasa untuk menghindari godaan untuk menggunakannya untuk pengeluaran biasa.

Untuk seorang individu, dana pendapatan tetap adalah pilihan yang sangat baik. Dana ini berinvestasi dalam jangka pendek dan sangat konservatif.

Nilai aset bersih dari dana ini tidak banyak berbeda. Mereka berinvestasi dalam obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah dan perusahaan skala besar, sehingga sempurna untuk investor yang memilih untuk tidak menempatkan risiko utama mereka.

 

3 dari 3 halaman

Memulai dana darurat

Tetapkan target yang masuk akal, dan sesuaikan dengan penghasilan setiap bulannya. Anda bisa menyisihkan Rp 500-Rp 1 juta bahkan lebih. Tujuan ini dapat dicapai dalam beberapa bulan, meski jumlahnya sedikit, itu bisa membuat perbedaan besar dalam keadaan darurat.

Sekarang pisahkan jumlah ini menjadi potongan-potongan kecil, jika Anda tidak bisa menyisihkan sebulan sekali maka bisa menyisihkan uang dalam seminggu dalam jumlah yang sedikit. Namun saat dikalkulasikan sebulan, Anda akan mendapatkan dana darurat yang cukup, dilanjutkan seterusnya.

Banyak orang muda terutama, yang baru mulai membangun dana darurat, mungkin berpikir akan sulit untuk menghemat uang dalam seminggu, mengingat mereka mungkin hampir tidak memenuhi kebutuhan sekarang.

Masalah ini dapat diatasi dengan beberapa trik. Carilah cara untuk menghemat jumlah kecil di sana-sini, singkirkan dan lihat seberapa cepat dana darurat tumbuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.