Sukses

Belajar dari Covid-19, Generasi Milenial Harus Punya Dana Darurat

Generasai milienial membutuhkan dana darurat untuk menghadapi situasi yang tak terduga

Liputan6.com, Jakarta - Dana darurat dalam pengelolaan keuangan pribadi maupun rumah tangga merupakan aspek yang penting, terlebih ketika terjadi suatu hal tak diinginkan. Salah satunya seperti kondisi pandemi COVID-19 yang telah memicu krisis finansial dan banyak aktivitas bisnis yang terhenti.

Sayangnya, belum semua orang memahami pentingnya dana darurat, bahkan tak memiliki dana darurat. Sehingga, ketika terjadi kondisi krisis seperti pandemi saat ini, tak sedikit orang yang mengalami kesulitan secara finansial.

Dana darurat adalah sebagian dana yang disisihkan dari pemasukan bulanan dan hanya digunakan dalam kondisi tertentu dan darurat, misalnya terkena PHK atau musibah lainnya.

Dana ini sebaiknya dialokasikan secara terpisah dari tabungan sehari-hari. Porsinya beragam, tergantung besarnya pemasukan dan pengeluaran, namun umumnyaminimal 10 persen per bulan dan besarannya minimal enam bulan dari pengeluaran bulanan.

Persiapan dana darurat bisa dilakukan melalui beberapa cara, baik menabung secara konvensional seperti tabungan atau emas dan menabung sambil berinvestasi misalnya reksadana.

Menurut Franky Chandra, Chief Investment Officer dan co-founder FUNDtastic, mempersiapkan dana darurat sebaiknya dilakukan sedini mungkin sebelum menunggu terjadinya krisis atau musibah.

Oleh karena itu, ia menyarankan agar generasi milenial untuk segera memiliki tabungan untuk dana darurat sejak dini, untuk mencegah atau mengurangi kemalangan atau musibah finansial.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Menabung Dana Darurat

Untuk itu, FUNDtastic bekerja sama dengan salah satu Bank swasta OCBC NISP membuat program tabungan untuk dana darurat, untuk membantu nasabah dalam mempersiapkan dana darurat sekaligus memberi tambahan dana Rp 200 ribu untuk berinvestasi.

“Sebagai platform investasi dan pengelola keuangan yang terpercaya, kami memahami pentingnya peranan dana darurat dalam pengelolaan keuangan pribadi. Untuk itu, kami merancang program ini agar nasabah tak hanya sekedar menyisihkan dananya di tabungan, tapi juga mendapatkan hasil optimal dari investasi,” ungkap Franky Chandra, Jumat (15/5/2020).

Caranya pun sangat mudah. Masyarakat cukup membuka layanan tabungan Nyala di OCBCNISP melalui mobile banking One Mobile dan masukkan kode promo ONXFUNDTASTIC, dan melakukan pengendapan dana pada rekening tersebut sebesar Rp 1 juta untuk mendapatkan voucher elektronik pembelian reksa dana sebesar Rp 200 ribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.