Sukses

Begini Strategi Pemerintah Dorong UMKM Go Online

Pemerintah menargetkan 2 juta pelaku UMKM menggunakan platform digital dan mendorong masyarakat Indonesia membeli produk buatan bangsa sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Pelaku UMKM didorong membuka lapak online melalui platform digital. Lewat program UMKM Go Online, pemerintah memiliki 2 target demi mempercepat digitalisasi UMKM.

Pemerintah menargetkan 2 juta pelaku UMKM menggunakan platform digital dan mendorong masyarakat Indonesia membeli produk buatan bangsa sendiri.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD mengatakan langkah yang diambil pemerintah dengan menjalankan strategi diseminasi informasi.

"Pertama, perlu membentuk tim diseminasi informasi dalam mempromosikan produk dalam negeri," kata Mahfud dalam webinar bertajuk 'Peran Aktif Pemerintah Daerah dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia', Jakarta, Selasa, (23/6/2020).

Pemerintah akan menyediakan pesan kunci (key message) dalam bentuk konten berupa infografis, meme, audio-video dan rilis media. Katanya, dalam hal ini kantor pemerintah harus bisa dan sudah terbiasa dengan hal ini.

Pemerintah juga perlu melakukan kampanye melalui kerja sama dengan platform digital. Lalu untuk menunjang program UMKM Go Online ini pemerintah juga meningkatkan infrastruktur internet seperti membangun Palapa Ring sebagai backbone.

"Program UMKM Go Online terdiri dari onboarding, active selling, scale up business dan go international market export," tutur Mahfud.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Lain

Selain itu, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menilai dalam program ini perlu juga melibatkan kelompok informasi masyarakat. Misalnya kelompok petani dan kelompok nelayan agar bisa langsung menjual produknya kepada pasar.

Sementara untuk pemasaran luar negeri, Mahfud mengatakan akan melibatkan KBRI dan para atase perdagangan dan institusi bisnis.

Menurutnya, untuk mengawal program ini di luar negeri dibutuhkan tim yang mengkoordinir dan mengawal pesan desiminasi program ini kepada publik baik di dalam maupun di luar negeri.

Selain itu, Mahfud juga menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyediakan 7.634 titik internet gratis. Tujuannya agar masyarakat bisa memanfaatkan ruang digital secara positif.

"Termasuk untuk mendukung talenta digital yang diharapkan bisa mengantarkan masyarakat menuju masyarakat digital," kata dia.

 Reporter: Anisyah Alfaqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

Video Terkini