Sukses

Kadin Minta Penyaluran BLT untuk Pelaku UMKM Terdampak Corona Dipercepat

Pelaku usaha mikro menggantungkan hidup sehari-hari mereka dengan berdagang sehingga jika Corona membuat dagangan mereka sepi

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mendorong agar pemerintah segera mempercepat penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) kepada pelaku UMKM yang terimbas dampak Corona, terutama usaha mikro.

Hal ini dikarenakan pelaku usaha mikro menggantungkan hidup sehari-hari mereka dengan berdagang sehingga jika Corona membuat dagangan mereka sepi, mereka akan kesulitan mencari biaya hidup sehari-hari.

"Kami terus beri masukan ke pemerintah terutama karena dunia usaha ini yang paling kena imbasnya UMKM. Nah, stimulus ini harus disegerakan karena sampai saat ini BLT belum sampai ke teman-teman pengusaha mikro," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Perempuan Nita Yudi dalam siaran langsung, Jumat (29/5/2020).

Nita melanjutkan, Kadin sendiri sudah melakukan beberapa langkah untuk meringankan beban pelaku usaha mikro dan menengah, diantaranya dengan memberi masukan kepada pemerintah untuk dunia bisnis serta menggalang bantuan untuk disalurkan ke pelaku UMKM terdampak Corona.

Bantuan disalurkan ke berbagai institusi dengan nilai Rp 400 miliar melalui Yayasan Kemanusiaan Kadin.

"Kami salurkan Rp 400 miliar ke BNPB, PMI, Kemenkes, Pemda DKI, Dewan Masjid Indonesia, 166 institusi, 829 rumah sakit dan puskesmas di Jabodetabek dan membagikan sembako hampir 10 ribu paket," jelas Nita.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rapat 3 Hari Sekali

Kadin juga selalu melakukan rapat rutin 3 hari sekali untuk mendiskusikan kondisi dunia usaha di Indonesia hingga dampaknya ke pemutusan hubungan kerja dan pengangguran.

"Tentunya kami terus memberi masukan-masukan kepada pemerintah untuk stimulus ke dunia usaha supaya bisa cepat sampai," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Usaha mikro kecil menengah atau (UMKM) adalah istilah umum dalam khazanah ekonomi.

    UMKM

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha

  • Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau Kadin Indonesia adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian.

    Kadin

  • Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.

    Corona

Video Terkini