Sukses

Turunkan Harga di Tangerang, Mendag Gelontorkan 24 Ton Gula Tiap Hari

Kemendag bersama PT Sungai Budi Group memasok 24 ton gula kemasan 1 kg setiap hari hingga menjelang hari Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto turun langsung dalam gelaran Operaai Pasar Gula (OPG) yang dilaksanakan di Pasar Anyar Kota Tangerang, pagi ini, Sabtu (16/5/2020), untuk mengecek sendiri harga gula yang dijual pedagang.

Dalam OPG tersebut, Kementerian Perdagangan bersama produsen gula, PT Sungai Budi Group, juga memasok 24 ton gula kemasan 1 kg setiap hari hingga menjelang hari Lebaran ke para pedagang pasar rakyat. Sebab, Beberapa pedagang diketahui masih menjual gula pada kisaran harga Rp17.000/kg.

Setelah ini, para pedagang diminta tegas untuk tidak menjual gula di atas HET Rp12.500/kg. Pedagang yang masih menjual gula di atas HET tersebut akan ditindak tegas Satgas Pangan.

“Saya sengaja minta produsen untuk menjual gula langsung ke pedagang di pasar rakyat sesuai HET Rp12.500/kg. Dalam masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, saya meminta seluruh pedagang di seluruh Indonesia agar menaati aturan pemerintah, dan lebih peduli kepada sesama. Bantulah dengan menyediakan barang kebutuhan pokok rakyat yang sesuai dengan harga yang ditetapkan. Jangan ada yang ingin mengambil keuntungan sepihak dengan menaikkan harga gula secara tidak wajar,” kata Mendag Agus.

Menurut Agus, beberapa masalah yang menyebabkan harga gula sempat naik tinggi adalah akibat terganggunya jalur distribusi, mundurnya jadwal pengapalan impor karena penetapan lockdown sejumlah negara yang terkena pandemi COVID-19, serta diberlakukannya pembatasan pergerakan hingga adanya jadwal penggilingan tebu yang tertunda.

Kendati demikian, Mendag Agus berjanji mulai hari ini seluruh provinsi akan diguyur pasokan gula langsung ke pedagang, baik di pasar rakyat maupun di ritel modern.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Masyarakat Tak Khawatir

Masyarakat juga tidak perlu khawatir karena stok gula juga dalam kondisi cukup dan dengan harga yang terjangkau.

“Operasi Pasar Gula ini akan dilakukan ke seluruh provinsi mulai hari ini hingga menjelang Lebaran. Saya menjamin stoknya ada dan dalam jumlah yang cukup serta harga sesuai HET Rp 12.500,” kata Mendag Agus.

Sementara itu, Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah memberikan apresiasi atas kecepatan Menteri Perdagangan dalam merespon kebutuhan barang kebutuhan pokok masyarakat yang saat ini sangat dibutuhkan dan menjadi salah satu bahan pangan mendasar masyarakat khususnya saat Ramadan dan Lebaran, seperti gula.

“Ke depan kami akan tingkatkan terus koordinasi dengan Kementerian Perdagangan, khususnya untuk distribusi barang kebutuhan pokok,” ujar Arief.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.