Sukses

Tips Bagi Pebisnis Tetap Termotivasi Saat Harus Bekerja di Rumah Saja

Anda perlu strategi untuk tetap fokus saat bekerja dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda seorang pemilik bisnis berbasis rumahan, harus tahu bahwa bekerja dari rumah memiliki banyak manfaat. Anda memiliki kebebasan untuk mengatur jam kerja, berpakaian sesuai keinginan dan mengurus tugas-tugas pribadi saat mengelola bisnis.

Tapi, bekerja dari rumah juga bisa mengganggu. Jika membiarkan gangguan menghabiskan terlalu banyak waktu, bisnis bisa berisiko.

Anda perlu strategi untuk tetap fokus saat bekerja dari rumah. Berkonsentrasi pada tugas yang berhubungan dengan pekerjaan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Ketika menjalankan bisnis berbasis di rumah agar tetap berjalan lancar, Anda bisa mencoba cara ini untuk tetap fokus, dilansir dari laman Entrepreneur.com, Jumat (8/5/2020).

1. Tentukan ruang kerja 

Tentunya Anda membutuhkan area di rumah yang dapat digunakan untuk ruang kerja. Pikirkan ruang kerja rumahan seperti di kamar-kamar di rumah yang dirancang untuk tujuan tertentu. Melakukan sesuatu di ruang yang tidak diatur untuk satu aktivitas biasanya tidak berhasil.

Ketika menyelesaikan tugas untuk bisnis, Anda memerlukan tempat di rumah yang akan memberi fokus maksimal untuk mengelola perusahaan.

Ruang kerja Anda tidak perlu menjadi kantor yang rumit. Meja sederhana dan kursi yang nyaman dapat membantu tetap pada tugas dan teratur. Meskipun duduk di meja mungkin tidak senyaman sofa, namun Anda akan lebih fokus. Tentukan juga tempat untuk dokumen, telepon, dan bahan bisnis lainnya di ruang kerja Anda.

2. Buat jadwal

Ketika Anda adalah merupakan seorang bos untuk diri sendiri, tidak perlu khawatir tentang bangun setiap hari. Tidak ada sistem manajemen kehadiran karena Anda membuat peraturan.

Tetapi, dengan kekuatan untuk mengatur jam, Anda juga bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang membuat tetap dalam bisnis.

Untuk tetap di jalur, buat jadwal untuk hari kerja. Setelah Anda membuat rencana tindakan, patuhi itu. Sangat mudah untuk terganggu ketika bekerja dari rumah. Menetapkan tenggat waktu dan berupaya mencapai sasaran akan membantu tetap produktif meskipun ada gangguan.

Mata pencaharian Anda tergantung pada seberapa baik Anda mengatur waktu. Prioritaskan tanggung jawab dalam daftar, dan selesaikan yang paling mendesak terlebih dahulu. Setelah Anda menyelesaikan tugas dengan prioritas tinggi, jangan lupa untuk menyisihkan waktu untuk tugas yang lebih kecil.

Gunakan kalender untuk mencatat jam kerja, janji temu, dan tenggat waktu. Jadikan kalender tetap teratur dan terbaru. Juga tandai acara di kalender online yang memberi tahu Anda ketika tanggal-tanggal penting sudah dekat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Beristirahat

Semangat untuk mengembangkan bisnis akan mendorong Anda untuk bekerja keras. Tapi, mungkin Anda terlalu banyak bekerja dan kelelahan. Untuk mencegah kelelahan, rencanakan istirahat sepanjang hari.

Anda mungkin merasa bahwa banyak menyelesaikan pekerjaan dengan mengerjakan tugas-tugas bisnis siang dan malam bisa membuat semakin produktif, namun sebenarnya tidak. Membebani diri sendiri dengan pekerjaan dapat membuat Anda lelah, membuat Anda berisiko melakukan kesalahan.

Jangan sampai Anda mengesampingkan kesehatan demi pekerjaan. Beristirahatlah untuk melakukan hal-hal yang disukai, seperti makan siang atau berolahraga.

Perubahan kecepatan mengisi pikiran dan membantu menginspirasi beberapa ide baru yang dapat diterapkan pada bisnis.

4. Dapatkan Alat yang tepat untuk mengatur bisnis

Setiap pekerjaan membutuhkan alat-alat tertentu. Pemilik layanan perawatan kebun tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa mesin pemotong rumput. Penata rambut tidak bisa merawat klien tanpa gunting. Sebagai pemilik bisnis berbasis rumah, Anda juga memerlukan alat yang tepat untuk menjalankan bisnis Anda.

Tidak ada satu cara untuk menyelesaikan tugas bisnis terbaik. Setiap perusahaan memiliki kebutuhan unik dalam hal mencari perlengkapan yang tepat.

Berikut adalah beberapa alat yang mungkin Anda perlukan untuk bisnis berbasis rumahan Anda, yakni Perencana, computer atau laptop, telepon selular, peralatan dan persediaan untuk membuat produk atau melakukan layanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.